Budidaya Bayam

Cukup mudah budidaya bayam sendiri menggunakan lahan kosong di samping rumah. Bayam merupakan tanaman yang mudah tumbuh di mana saja, asalkan tanahnya gembur dan tak terkena paparan sinar matahari langsung. Bayam mempunyai nilai ekonomis cukup tinggi, permintaan bayam cukup tinggi di pasar. Sedangkan dari sisi nutrisi bayam sangat baik dikonsumsi rutin karena baik bagi kesehatan.

Bayam

Loading...

Kandungan nutrisi bayam, antara lain zat besi, zink, serat, vitamin B, sitokrom, dan masih banyak lagi. Zat besi dan zink berguna sebagai penambah darah,  jadi bagi orang terkena anemia disarankan banyak mengonsumsi bayam.

Selain itu, bayam juga bermanfaat mereduksi jumlah koleterol jahat dan melancarkan kinerja organ pencernaan. Bayam juga mengandung senyawa antioksidan yang bisa menangkal racun-racun polusi udara yang terhirup melalui hidung.

Ada tiga jenis bayam yang bisa dibudidayakan sebagai kegiatan sampingan, yakni bayam cabut (amaranthus tricolor), bayam petik (amaranthus hybirdus), dan bayam merah. Namun, yang paling lazim ditanam adalah bayam petik dan bayam cabut. Berikut ini merupakan tips bagiamana cara bercocok tanam bayam petik atau orang awam menamai bayam kakap.

1. Bibit

Proses pembibitan bayam menggunakan sistem penyemaian melalui biji bayam. Biji bayam petik bisa Anda beli di toko pertanian atau toko tanaman hias. Sebelum penebaran biji sebaiknya siapkan dulu media tanamnya. Area tanah yang akan di jadikan penyemaian sifatnya harus gembur dan diberi pupuk kandang.

Setelah siap baru disebarkan merata, kemudian setiap hari harus disiram air menggunakan gembor.  Selang berapa hari muncullah tunas-tunasnya. Bibit bayam yang siap dipindah minimal ukuran tingginya 5 CM.

2. Pengolahan Tanah

Karakter tanam untuk tanaman bayam komposisinya adalah tanah, sekam, pasir, dan pupuk kandang. Semua bahan diaduk hingga rata dan diberi air agar lembab. Setelah media tanam siap, langkah selanjutnya adalah pemindahan bibit bayam ke dalam media lahan pembesaran. Proses pemindahan bibit sebaiknya dilakukan pada sore hari, agar bibit pasca pemindahan tak layu.

3. Perawatan

Langkah selanjutnya adalah perawatan harian misalnya penyiraman rutin pagi dan sore hari. Penyiangan dari tanaman liar dan pengambilan serangga dari daun. Sedangkan masa pemetikan atau masa panen yang layak adalah ketika tanaman berusai 2 – 3 bulan.

Sekian cara budidaya bayam yang dapat Anda lakukan sendiri. Semoga uraian tersebut bermanfaat dan selamat mencoba.

Loading...
Selanjutnya : Situs Video Lengkap Free Download Tinggal Share
Sebelumnya: Maraknya Photo Hot Adegan Film Horor Indonesia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar