Langkah Efektif Budidaya Brokoli Organik


Brokoli adalah salah satu jenis sayuran yang banyak digunakan untuk masak dan disukai banyak orang. Jika memperhatikan wujud fisik brokoli, maka kita akan melihat bahwa brokoli ini mempunyai kemiripan dengan jenis sayuran yang kita kenal dengan nama kubis bunga. Ada beragam brokoli yang kita kenal dan dapat dibudidayakan, yaitu brokoli kepala bunga warna hijau, ungu, putih, dan hijau muda. Kita dapat melakukan budidaya brokoli organik dengan lahan yang tidak terlalu luas.

Perlu kita ketahui, brokoli adalah tanaman yang dapat tumbuh dengan baik di lahan yang mempunyai posisi ketinggian antara 1.000 hingga 2.000 meter dpl. Pada posisi ketinggian ini tentunya iklim yang ada cukup dingin atau sejuk. Tetapi, ada juga brokoli yang dapat ditanam di daerah panas.

Langkah–langkah Budidaya Brokoli

Untuk dapat melakukan budidaya brokoli sebaik–baiknya, maka kita dapat mengikuti langkah–langkah berikut.

1.    Persiapan Benih

Benih yang kita gunakan harus disterilkan terlebih dulu dengan menggunakan larutan fungisida. Setelah itu, benih direndam di air bersih hingga pecah agar cepat berkecambah.

2.    Penyemaian

Penyemaian dilakukan di lahan bedengan dengan dinaungi plastik, jerami atau daun– daunan. Benih disebar merata dan ditanam sekitar 1 cm. Lahan semai adalah campuran pupuk kandang dan tanah halus. Sekitar dua minggu, bibit yang tumbuh dapat dipindah ke polybag dan dipindahkan ke lahan sesungguhnya setelah tumbuh daun sekitar empat helai.

3.    Persiapan Lahan

Lahan harus bebas dari gulma dan digemburkan. Sebelumnya, diberi kapur agar pH tanah berkurang hingga 5,5.

4.    Penanaman

Penanaman dilakukan pada jarak sekitar 50 x 50 cm. Waktunya pada saat pagi hari atau sore hari. Jangan menanam saat siang hari.

5.    Pemeliharaan

Pemeliharaan dilakukan dengan penyulaman yang mati dan pemotongan tunas cabang. Setelah itu, dilakukan penutupan dengan daun agar warna bunga tetap putih.

6.    Pengendalian Hama Penyakit

Untuk hal ini, kita pilih bibit yang bebas penyakit. Sanitasi kebun dan rotasi tanaman harus dibuat baik. Kita dapat juga menaburkan kapur  untuk mengurangi keasaman tanah dan mencabut tanaman yang sakit.

7.    Pemupukan

Pemupukan dilakukan para umur hingga 5 minggu. Dilakukan di sekeliling batang dan ditanam dengan tanah.

8.    Pemanenan

Dilakukan saat bunga sudah maksimal, sekitar 100 hari. Hasil disimpan di tempat teduh dan disortir berdasar ukuran diameter bunga.

Begitulah langkah budidaya brokoli organik yang dapat kita lakukan. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Menelusuri Bukti-bukti Peninggalan Peradaban Lembah Sungai Eufrat dan Tigris
Sebelumnya: Marketing Mix dalam Bahasa Indonesia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar