Budidaya Buah Mangga

Budidaya buah mangga di rumah saat ini sedang marak dilakukan. Ini dikarenakan harga mangga yang saat ini telah melambung mahal, maka banyak orang yang berinisiatif untuk membudidayakan mangga. Buah mangga adalah salah satu buah yang sangat disukai oleh masyarakat. Selain dapat dimakan ketika telah matang, buah mangga muda juga sangat enak untuk dimakan bersama bumbu rujak. Apabila Anda ingin membudidayakannya.

Budidaya Buah Mangga dengan Pembibitan

Salah satu cara untuk membudidayakan mangga adalah dengan pembibitan. Budidaya ini mengandalkan biji untuk dapat tumbuh. Untuk itu kualitas biji haruslah diperhatikan. Di mana pilihlah biji dari tanaman yang kuat, sehat, kuat dengan buah yang berkualitas. Kemudian keringkan biji tersebut dan buang kulitnya. Setelah itu, siapkan kotak untuk persemaian dengan ukuran 100 x 50 x 20 cm³ dan isi dengan pupuk kandang dan tanah dengan ukuran 1:1. Tanam biji dengan jarak jarak 10-20 cm.

Mangga juga dapat dapat ditanam langsung di halaman rumah di atas tanah gembur dengan jarak tanam 30 x 40 atau 40 x 40 cm. Persemaian diberi wadah dari plastik atau sisa-sisa dari tanaman, namun jangan sampai udara menjadi terlalu lembab. Tanamlah bibit dengan posisi tubuh berada di bawah agar akar tidak bengkok. Perhatikan persemaian agar tidak kekurangan air.

Apabila telah berusia 2 minggu, bibit akan mulai tumbuh menjadi kecambah. Apabila dari 1 biji mangga terdapat lebih dari 1 anakan, maka pilihlah satu biji yang benar-benar baik dan kuat. Apabila telah mencapai ketinggian 25-30 cm, pindahkan bibit di dalam kotak persemaian ke dalam polybag. Lakukan seleksi bibit ketika telah berusia 4 bulan. Buanglah bibit yang lemah dan abnormal. Kemudian pindahkan tanaman ke kebun apabila telah berusia 6 bulan.

Budidaya Buah Mangga dengan Okulasi

Salah satu cara membudidayakan mangga adalah dengan okulasi. Di mana dilakukan penempelan tunas dari batang atas yang memiliki buah berkualitas, pada batang bawah yang memiliki struktur akar dan tanaman yang kuat. Perhatikan usia dari tiap batang.

Untuk batang bawah, pilih yang telah berusia 9-12 bulan. Apabila penempelan telah dilakukan, maka tunggu setelah berusia 1,5 tahun dan pindahkan tanaman hasil okulasi ke kebun. Lakukan okulasi pada musim kemarau, sehingga bagian yang ditempel tidak membusuk.

Budidaya Buah Mangga Pencangkokan

Sediakan tanaman yang telah berusia 1 tahun, dan pilih batang dengan diameter 2,5 cm. Potong sepanjang 5 cm. Sediakan media tanam berbentuk pelastik atau sabut kelapa yang telah diisi dengan tanah dan pupuk kandang, dengan ukuran 1:1. Bungkus dan tanam di dalam tanah.

Budidaya buah mangga juga dapat dijadikan salah satu alternatif usaha sampingan saat ini. Di mana pasaran mangga juga sangat menjanjikan. Jadi selain menjadi hobi, juga dapat menghasilkan dari segi bisnis.

Selanjutnya : Cara Berhaji yang Benar
Sebelumnya: Lebih Jauh tentang Komunikasi Verbal dan Komunikasi Non Verbal
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...