Budidaya Cabe Keriting di Pot


Anda ingin budidaya cabe keriting atau buah dan sayur lainnya, tetapi tak memiliki lahan mencukupi? Budidaya menggunakan media pot adalah salah satu solusinya. Pada artikel kali ini saya akan membahas budidaya cabe keriting di pot sebagai solusi ketika tidak memiliki lahan yang cukup untuk menanam cabe keriting. Berikut ini adalah langkah-langkah budidaya cabe keriting dalam pot.

1. Pemilihan Bibit

Bibit adalah salah satu faktor yang amat penting dan cukup menentukan ketika kita memutuskan untuk melakukan budidaya sebuah tanaman. Pemilihan bibit yang tepat dan unggul merupakan langkah pertama untuk mencapai kesuksesan dalam budidaya. Pada budidaya cabe keriting kali ini, kita juga perlu memilih bibit unggul yang tepat untuk ditanam di pot.

Langkah pertama adalah pilih cabe keriting yang pungguk dari segi bentuk dan faktor kematangan. Cara membuat bibitnya cukup mudah, yakni ambil buah bagian pangkal dan ujung, sayat bagian buah cabe dan ambil bijinya. Biji ini nantinya akan menjadi bibit, tetapi terlebih dahulu dijemur selama 3 hari.

2. Media Tanam dan Cara Menanam

Media tanam nantinya akan menjadi tempat hidup bagi tanaman yang akan kita budidayakan. Media tanam yang akan dimasukkan ke dalam pot sebagai media tanam ini sebaiknya terdiri atas beberapa jenis yang dicampur menjadi satu. Bahan-bahan yang direkomendasikan sebagai media tanam untuk budidaya cabe keriting dalam pot adalah top soil atau yang sering disebut tanah gembur, sekam padi, dan kompos.

Ketiga unsur tadi dicampur dengan takaran yang seimbang. Cara penanamannya cukup mudah, yakni dengan cara membuat lubang di tengah pot, kemudian masukkan bibit tanpa merusak akarnya ke dalam lubang tadi. Tutup lubang media bibit dan ratakan. Langkah terakhir adalah siram pot dengan air biasa hingga basah.

3. Perawatan Tanaman

Perawatan tanaman pada budidaya cabe keriting di pot ini tak terlalu sulit, hanya saja butuh ketelatenan. Hal yang perlu dilakukan adalah menyiramnya secara rutin dengan air pada pagi dan sore, tetapi hal ini tidak perlu dilakukan ketika musim hujan. Perawatan lain yang perlu dilakukan adalah pencabutan gulma atau tanaman liar yang tumbuh dan mengganggu tanaman budidaya.

Semoga informasinya bermanfaat untuk Anda.

Selanjutnya : Kapan Teletubbies Disiarkan Kembali?
Sebelumnya: Contoh Analisis Buku Sekolah Dasar
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar