Budidaya Pohon Jeruk Nipis

Budidaya pohon jeruk nipis ternyata masih jarang yang melakukan. Padahal jeruk nipis ini banyak dicari orang untuk berbagai keperluan, memasak, pengobatan, dan campuran minuman.

Jeruk nipis merupakan genus asli Indonesia yang bisa ditanam di segala kontur tanah. Jeruk nipis merupakan jenis tanaman yang tangguh, dia tak banyak menuntut perhatian dari pemiliknya.

Namun, selama ini tanaman jenis jeruk ini tak dibudidayakan secara serius, hanya sekadar tanaman pengisi halaman rumah yang kosong.

Padahal kebutuhan jeruk nipis untuk keperluan industri dan pasar lokal sangat tinggi.  Jika peluang ini digarap dengan baik dan serius, pasti akan menghasilkan faedah finansial yang lumayan tinggi.

Sifat tanaman jeruk nipis berbeda dengan jeruk buah yang hanya bisa tumbuh subur di dataran tinggi. Lain dengan jeruk nipis yang ternyata dapat dikembangkan di dataran rendah atau jika tidak ada lahan bisa ditanam dalam pot.

Syarat tumbuh kembang pohon jeruk nipis yang baik, antara lain beriklim tropis dengan suhu 23-34 derajat celicius. Dengan tingkat kelembaban sedang, serta curah hujan yang tidak tinggi.

Selain itu, karakter media tanam yang cocok untuk jeruk, antara lain mengandung humus tinggi, andosol, dan lembung pasir. Selain itu, karakter tanah harus bisa menyerap air. Berikut ini merupakan syarat-syarat budidaya jeruk nipis.

1. Bibit

Bibit diperoleh dari proses okulasi atau penyetekan dari pohon indukan. Jika Anda belum bisa menyetek sendiri, bisa membeli dari dinas pertanian. Ukuran bibit yang layak ditanam pada lahan, tingginya sekitar 150 cm atau lebih. Jika terlalu kecil bibit akan kesulitan beradaptasi dengan lingkungan baru.

2. Cara Penanam

Penanam bibit harus dilakukan pada sore hari. Jarak tanam antar bibit rentang 180 meter agar nanti kelak akar pohon tak berebutan nutrisi dengan pohon lain. Namun, sebelum ditanam, lahan harus dicangkuli dulu, dibersihkan dari rumput liar, dan diberi campuran pupuk kandang.

3. Pupuk

Pupuk yang ideal untuk tanaman adalah pupuk kandang kering yang diberikan pada tanaman.  Selain itu, ada juga pupuk jenis prebiotik yang bermanfaat mempercepat tumbuhan berkembang dan berbuah.

Sekian budidaya pohon jeruk nipis yang dapat di tanam di sekitar rumah. Semoga informasi tersebut bermanfaat dan menambah wawasan Anda. Selamat bercocok tanam.

Loading...
Selanjutnya : Tari Gending Sriwijaya dan Tari Tanggai di Palembang
Sebelumnya: Desain Baju Remaja Wanita Syar’i
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar