Cara Budidaya Tanaman Sayur

Budidaya tanaman sayur dengan teknik hidroponik menjadi salah satu pilihan yang patut dicoba. Botol-botol bekas diberi air yang dicampur dengan air seni kelinci. Jangan takut bau yang ditimbulkan karena kalau sudah dicampur dengan air, kencing kelinci ini menjadi tidak berbau. Isi air dengan tanaman sayuran seperti kangkung. Biarkan beberapa hari maka 10 buah botol akan memberikan panen kangkung cukup untuk makan sekali.

Budidaya Sayur Organik

Loading...

Pada saat banyak orang bingung mau membeli sayuran organik yang mahal, sebenarnya budidaya tanaman sayur itu tidak rumit. Kalau tidak mau menggunakan teknik hidroponik, bisa dengan menggunakan pot sederhana. Buat saja pot memanjang yang terbuat dari batu bata atau dari papan bekas. Isi dengan tanah dengan humus yang baik. Campurkan dengan sisa-sisa bahan buangan dari dapur.

Isi pot dengan bibit bayam atau bibit kangkung dan sawi. Bila perlu buat juga pot khusus untuk menanam kencur karena daunnya sangat baik untuk lalapan. Selain kencur, kemangi bisa menjadi salah satu sayur yang wajib ada di rumah. Kemangi ini mempunyai manfaat yang luar biasa. Tidak hanya bisa menghilangkan bau badan, pun bisa menenangkan pikiran.

Tomat, cabe, kunyit, dan jahe bisa ditanam sendiri. Cara menanam bumbu dapur ini sangat mudah. Cukup sediakan pot dengan tanah yang bagus. Lalu letakkan bibit kunyit, cabe, tomat, dna jahe dengan cara dibenamkan.

Letakan pot itu di tempat yang tidak terlalu banyak terkena sinar matahari dan juga tidak banyak terkena air hujan. Cukup perhatikan sesekali saja. Kalau ada rumput, bersihkan.

Dengan tidak menggunakan bahan-bahan kimia termasuk pupuk kimia maka sayuran ini bisa dikatakan merupakan sayuran organik. Jangan menggunakan tanah sembarangan. Pastikan tanah yang digunakan adalah tanah organik yang didapatkan dari pembuatan pupuk organik secara mandiri.

Keuntungan Budidaya Sayuran Organik

Banyak untungnya menanam sayuran organik sendiri. Biaya membeli sayur menjadi berkurang dan adanya jaminan kebersihan serta kesehatan dari sayuran yang dimakan. Rasa sayur organik itu lebih segar, lebih manis, dan lebih menyenangkan. Perasaan bahagia menatap tanaman yang tumbuh setiap hari akan membuat tanaman itu sendiri memberikan efek yang positif terhadap tubuh.

Jangan remehkan makan sayur segar yang dimasak dengan bumbu menyehatkan. Sebaiknya hanya masak sayur sekali makan. Jangan pernah menghangatkan sayur. Sumber vitaminnya pasti berkurang. Apalagi membuat sambal tomat. Intinya adalah budidaya tanaman sayur itu mudah dan bisa dilakukan di rumah dengan lahan sempit.

Loading...
Selanjutnya : Kiat Buka Jasa Fotografi
Sebelumnya: Artikel tentang Pencemaran Air Tanah
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar