Bukti Alam Sebagai Kebutuhan Manusia

Ada banyak bukti alam sebagai kebutuhan manusia dan menunjang kehidupan mahkluk hidup lainnya. Tuhan menciptakan alam beserta seluruh isinya, semua itu semata-mata untuk kepentingan manusia.

Kemurahan alam bagian dari nikmat Tuhan yang harus disyukuri oleh manusia. Kalau dibuktikan satu persatu manfaat alam sebagai kebutuhan manusia rasanya tak bisa dihitung banyaknya.

Loading...

Maka dari itu, kita selaku manusia beriman dan berahlak, harus banyak bersyukur atas nikmat Tuhan. Gambaran umum bukti alam sangat bermanfaat untuk menopang kehidupan manusia, antara lain sebagai berikut.

1. Hujan

Hujan yang datang pada bulan November sampai April, bermanfaat menyuburkan tanah, menandai datangnya musim bertani.  Selain itu, hujan sebagai penyeimbang ekosistem di alam bebas dan penyedia cadangan air tanah. Di mana secara tak langsung cadangan air tanah ini dipakai untuk air minum manusia.

2.  Hutan

Hutan memberikan manfaat yang luar biasa banyaknya. Fungsi utama hutan adalah sebagai penyeimbang ekosistem alam, tempat berkembang biaknya binatang liar. Hutan juga sebagai sumber penghasil oksigen. Fungsi sekundernya bisa dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat sekitar hutan dan keperluan industri.

3. Laut  

Indonesia terkenal dengan perairan lautnya yang luas, di sini menjadi titik pertemuan antara dua samudera. Laut menjamin kesejahteraan bagi masyarakat yang tinggal di pantai. Dari laut dihasilkan berbagai komoditas maratim yang bisa dijadikan pendapatan negara.  Panorama pantai-pantai di Indonesia bisa digarap menjadi objek wisata, sehingga menarik minat wisatawan.

Seperti Pantai Raja Ampat di Papua, Kepulauan Morotai, Karimun Jawa, dan masih banyak lagi. Dari komoditas wisata ini, maka berimbas positif bagi perekonomian rakyat sekitarnya.

4. Hewan

Alam menyediakan sejumlah hewan mamalia yang bisa dimuliakan menjadi hewan ternak, seperti sapi, kuda, dan kerbau yang dulu adalah hewan liar. Lantas berkat keahlian manusia, hewan-hewan tersebut dipelihara untuk membantu kerja manusia.

Salama ini manusia tak sadar karena terlenakan urusan kepentingan duniawi. Manusia lupa akan kewajiban menjaga alam sebagai penyedia kebutuhannya, yang dipikirkan hanyalah eksplorasi alam sebesar-besarnya.

Sudah seharusnya kita sadar betapa besar manfaat alam bagi kepentingan manusia. Semakin kita bersyukur atas nikmat-Nya, maka Sang Pencipta akan memberikan lebih dari apa yang kita harapkan. Sekian uraian bukti alam sebagai kebutuhan manusia. Semoga bermanfaat.

Loading...
Selanjutnya : Mengenal Kalimat Pengantar dalam Buku dan Cara Membuatnya
Sebelumnya: Biografi Hellen Killer
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar