Bukti-bukti Peninggalan Masuknya Agama Hindu dan Budha Ke Indonesia


Berbicara mengenai sejarah agama di Nusantara, tentunya tidak bisa terlepas dari keberadaan agama Hindu dan Budha. Kedua agama ini merupakan agam tertua yang masuk ke Indonesia. Sebelum adanya agama, masyarakat Indonesia kuno mengenal apa yang disebut dengan animisme dan dinamisme. Animisme kepercayaan pada arwah nenek moyang, sedangkan dinamisme kepercayaan pada kekuatan gaib yang tersimpan pada benda-benda.

Hubungan dengan dunia luar tentunya tidak bisa dihindari oleh masyarakat kuno Indonesia. Dari hubungan tersebut, maka agama Hindu dan Budha masuk lewat bangsawan atau penguasa pelabuhan. Dari para bangsawan, agama yang mampu memelihara kedudukan mereka adalah Hindu. Agama ini merupakan agama tertua. Selanjutnya, agama Hindu mengalami revolusi di dalam negerinya sendiri, yaitu India menjadi agama Budha. Pembaharuan ini juga datang ke Indonesia dan diterima dengan tangan terbuka. Kedatangan agama Budha menyebabkan banyak kerajaan memiliki dua corak agama atau masyarakatnya sebagian memeluk Hindu dan sebagian yang lain berpindah pada agama Budha.

Kedua agama kuno ini datang dari Asia Selatan, tepatnya India. Dari berbagai berita yang menjadi catatan sejarah, banyak kasta ksatria dari India lari sampai ke Indonesia sebab peperangan Asoka. Selain perang tersebut, golongan ksatria juga berusaha mempertahankan posisi kasta mereka yang tengah terancam. Tidak heran, jika raja-raja pertama kerajaan Nusantara banyak menggunakan nama India, seperti Purnawarman, Mulawarman dan lain-lain.

Bukti-bukti Peninggalan Masuknya Agama Hindu dan Budha Ke Indonesia

Tanpa adanya bukti-bukti peninggalan, tidak dapat diputuskan bahwa agama Hindu dan Budha pernah lebih dahulu datang dibandingkan agama lainnya. Berikut beberapa bukti peninggalan masuknya agama Hindu dan Budha ke Indonesia.

1.    Berita Asing

  • Seorang Cina bernama I Tsing memberitakan mengenai adanya kerajaan Sriwijaya yang menjadi pusat penyebaran agama Budha. Guru agama Budha terkenal dari Sriwijaya adalah Sakyakirti.

2.    Prasasti

  • Prasasti yupa bertuliskan huruf pallawa, ditemukan di kutai Kalimantan Timur sebagai bukti pernah berdirinya kerajaan Hindu pertama Nusantara. Kerajaan tersebut diberi nama Kerajaan Kutai.
  • Prasasti ciaruteun, memberitakan tentang adanya Kerajaan Hindu Tarumanegara di Jawa Barat.
  • Prasasti canggal dan masih banyak prasasti lainnya.

3.    Candi

  • Candi bercorak Hindu: prambanan, penataran, jago.
  • Candi bercorak Budha: borobudur, pawon.

4.    Kerajaan

  • Kerajaan Hindu: kutai, tarumanegara.
  • Kerajaan Budha: mataram, majapahit.

Semoga informasinya bermanfaat.

Selanjutnya : Resep Bumbu Ikan Bakar
Sebelumnya: Bukti Perkembangan Islam di Nusantara
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar