Bukti Bukti Peninggalan Masuknya Hindu Budha ke Indonesia


Apa bukti bukti peninggalan masuknya hindu budha ke Indonesia? Kajian tentang sejarah Hindu Budha di nusantara memang sangat menarik. Kajian ini semakin menarik ketika bukti-bukti peninggalan sejarah masih ada hingga sekarang. Bukti bukti peninggalan masuknya Hindu Budha ke Indonesia, yang paling banyak adalah berupa candi-candi yang masih ada hingga sekarang.

Bukti-bukti Peninggalan Masuknya Hindu Budha

Salah satu bukti candi yang paling besar dan paling megah di nusantara adalah Candi Borobudur, candi yang termasuk sebagai keajaiban dunia. Candi Borobudur merupakan candi bercorak Budha dan dikenal sebagai candi Budha terbesar kedua di dunia. Candi terbesar pertama adalah Candi Ankor Wat yang berada di Kamboja. Candi Borobudur terletak di Desa Borobudur, daerah Magelang, Jawa Tengah.

Sedangkan peninggalan candi bercorak Hindu yang juga sangat terkenal adalah Candi Prambanan. Sebuah candi yang menyimpan legenda besar tentang proses pembuatannya, yaitu legenda Rara Jonggrang. Candi ini merupakan candi Hindu terbesar yang ada di Indonesia. Letaknya di Desa Prambanan, Klaten Jawa Tengah.

Keberadaan peninggalan candi-candi yang ada di Indonesia merupakan salah satu bukti tentang masuknya agama Hindu dan Budha ke Indonesia. Keberadaan candi yang masih ada sampai sekarang, merupakan bukti paling kuat masuknya agama-agama tersebut ke Indonesia.

Bukti lainnya adalah banyaknya literatur sejarah yang menyebutkan keberadaan kerajaan-kerajaan Hindu Budha yang pernah berjaya di nusantara. Contoh yang paling dikenal adalah Kerajaan Majapahit. Sisa peninggalan Majapahit sekarang bisa disaksikan keberadaanya di kawasan Candi Trowulan, daerah Mojokerto, Jawa Timur.

Setiap kerajaan Hindu Budha yang ada di nusantara, hampir semuanya meninggalkan benda-benda purbakala seperti candi. Sebagai contohnya adalah Candi Borobudur dan Prambanan yang merupakan peninggalan Kerajaan Mataram Kuno, atau Kerajaan Singosari yang meninggalkan Candi Singhasari.

Candi-candi yang ditemukan di Indonesia, selain candi yang disebutkan di atas, antara lain Candi Blandongan di Karawang dan Candi Cangkuang di Garut Jawa Barat, Candi Biaro Bahal di Sumatera Utara, Candi Muara Takus di Riau, Candi Gumpung di Muaro Jambi serta candi-candi kecil lainnya yang ada di nusantara.

Bukti bukti peninggalan masuknya Hindu Budha ke Indonesia berupa candi, saat ini banyak yang menjadi obyek wisata. Bahkan Borobudur dan Prambanan dikenal sebagai salah satu tujuan wisata dunia. Jika Anda belum pernah mengunjunginya, ada baiknya agendakan tujuan wisata Anda ke sana. Selamat berwisata!

Selanjutnya : Cara Manipulasi Foto Mengganti Wajah Kartun Menjadi Manusia
Sebelumnya: Tentang Olahraga Futsal dan Aturan Mainnya
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar