Bukti Peninggalan Sejarah Agama Hindu yang Berada di Indonesia


Awal masuknya agama ke Indonesia menjadi bukti dan perkembangan kebudayaan. Aampai saat ini kita masih bisa melihatnmya, salah satunya adalah peninggalan sejarah agama Hindu yang berada di Indonesia, berikut pembahasannya

Candi

Candi adalah bangunan yang biasanya terdiri dari tiga bagian, yatu kaki, tubuh, dan atap. Di dalam candi terdapat arca dewa dalam ajaran Hindu yaitu dewa Brahma, Wisnu dan dewa Syiwa. Di Indonesia terdapat beberapa bangunan candi yang sampai sekarang masih bisa kita lihat, contohnya Candi Prambanan yang berada di Yogakarta merupakan peninggalan dari Kerajaan Mataram Lama, Candi Penataran yang terdapat di Blitar, Jawa Timur peninggalan dari Kerajaan Kediri.

Prasasti

Prasasti adalah benda peninggalan masa lalu berupa tulisan, yang dicatat di atas logam, batu, tanah liat atau tanduk binatang. Peninggalan agama Hindu berupa prasasti ditulis dengan menggunakan bahasa sansekerta dengan huruf pallawa. Prasasti peninggalan agama Hindu, dan merupakan prasasti tertua adalah Yupa yang dibuat pada zaman kerajaan Kutai sekitar 350-400M. Yupa adalah batu yang digunakan untuk upacara pengorbanan. Yupa terdiri atas tujuh batu tulis, yang menceritakan raja Mulawarman.

Patung

Peninggalan agama Hindu yang ada di Indonesia adalah patung yang berwujud manusia dan hewan. Patung peninggalan agama Hindu yang terkenal adalah patung Airlangga yang sedang menaiki burung garuda sebagai penjelmaan Dewa Wisnu.

Karya Sastra

Karya sastra peninggalan agama Hindu berupa kitab atau kakawih yang berisi tentang catatan sejarah, umumnya ditulis dalam bahasa sansekerta dengan huruf pallawa di atas daun lontar. Kitab peninggalan agama Hindu yang terkenal adalah Kitab Baratayuda dan Kitab Arjunawiwaha

Tradisi

Agama Hindu meninggalkan juga tradisi atau kebiasaan yang sampai saat ini masih dijalankan dan bisa kita temukan di Bali yang sebagian besar penduduknya beragama Hindu, tradisi tersebut antara lain:

  1. Tradisi atau upacara nelubulanin yang dilakukan pada waktu bayi mulai masuk usia 3 bulan.
  2. Upacara potong gigi.
  3. Upacara ngaben atau pembakaran mayat dan
  4. Tradisi ziarah, yaitu tradisi mengunjungi makan leluhur.

Masih banyak peninggalan sejarah agama Hindu yang berada di Indonesia, yang menarik untuk dipelajari. Semoga artikel ini bisa menambah informasi mengenai kekayaan dan bukti sejarah.

Selanjutnya : Bukti Perkembangan Islam di Nusantara
Sebelumnya: Bukti Kemajuan Pembuatan Perkakas Masa Neolitikum
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar