Cara Memilih Buku Bagus untuk Anak

Buku merupakan jendela dunia yang akan memberikan banyak pengetahuan dengan hanya membaca buku. Namun sayangnya saat ini minat untuk membaca buku masih sangat minim padahal membaca buku dapat memberikan banyak manfaat. Untuk memberikan minat membaca sebaiknya dilakukan sejak dini yaitu sejak usia bayi dengan memilihkan buku bagus sesuai perkembangannya. Bahkan ada teori yang mengatakan bahwa membaca buku dapat dilakukan sejak di kandungan agar memiliki minat terhadap buku.

Saat ibu mengandung sudah dapat mulai memperkenalkan buku kepada janin yang dikandungnya. Ibu dapat melakukan kebiasaan membaca buku dengan tema-tema yang ringan. Misalnya buku-buku tentang kehamilan, tumbuh kembang anak atau buku cerita maupun novel. Kebiasaan ibu saat membaca buku ini akan ditularkan kepada buah hatinya kelak.

Di usia bayi sudah mulai diperkenalkan buku-buku yang tidak mudah rusak. Buku bagus yang sesuai dengan perkembangan bayi ini adalah buku dengan tema warna kontras dan cerah. Bahkan warna kontras hitam putih juga dapat menarik minat bayi pada buku. Ibu dapat membacakan dan memperlihatkan isi buku dengan warna yang kontras serta cerah tersebut kepada bayi. Dan umumnya bayi akan tertarik untuk melihat warna-warni yang ada di dalam buku. Buku-buku bertema binatang dan foto-foto keluarga dapat diberikan pada usia bayi.

Bayi yang telah dapat duduk dapat dipangku sambil dibacakan dan diperlihatkan isi buku. Di usia ini biasanya bayi senang untuk menyentuh benda melalui sentuhannya. Ibu dapat memilih buku cerita yang memiliki tekstur. Buku-buku cerita yang dapat mengeluarkan suara akan merangsang minatnya untuk membaca buku.

Anak yang berusia satu tahun keatas umumnya suka bereksplorasi. Buku bagus yang cocok untuknya adalah buku dengan aktivitas sederhana seperti buku berjendela, buku tema karakter dan buku tema ekspresi. Ibu dapat membacakan dan menjelaskan arti karakter maupun ekspresi yang ada di dalam buku.

Di usia dua tahun keatas, buku-buku yang dapat diberikan memiliki tema lebih beragam. Umumnya anak-anak telah memiliki buku yang menjadi favoritnya dan minta untuk dibacakan berulang kali. Di usia ini anak-anak telah dapat diajak untuk memilih bukunya sendiri yang akan dibeli kemudian dibacakan.

Buku bagus yang diberikan kepada anak-anak akan memberikan banyak manfaat. Anak-anak dapat menambah kosa katanya sehingga anak lebih lancar berbicara. Anak-anak juga akan lebih mudah saat belajar membaca. Buku adalah jendela dunia dan membutuhkan peran orang tua untuk memperkenalkan kegemaran membaca sejak usia dini.sildalis ukmotilium new zealandmotilium cost

Selanjutnya : Lakukan Saja Mewarnai Princess untuk Anak di Sini!
Sebelumnya: Pelayanan Transportasi Darat Bimo Trans
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

//adsnya disini