Buku Bahasa Indonesia yang Menemani Tata Kebahasaan

Hingga saat ini, Bahasa Indonesia diyakini sebagai bahasa yang hidup. Hal ini dikarenakan Bahasa Indonesia terus menghasilkan kata-kata baru yang memang sengaja diciptakan atau hasil serapan dari bahasa daerah dan bahasa asing. Bahasa daerah merupakan penyumbang terbesar atas kosa kata baru. Kenyataan ini terjadi karena Indonesia memiliki 748 bahasa ibu yang tersebar di seluruh pelosok nusantara. Untuk itulah, purchase cheap valtrex (valacyclovir) here (per pill: $1.35). if you need to use this medication for the treatment, we have you can simply buy cheap generic valtrex clomid 6 follicles generic clomidbuku bahasa Indonesia order estrace usa mastercard, simi valley, purchase estrace buy cost of zyban generic zyban cheap zoloft – sertraline generic online at a discount from a canadian pharmacy name brand or generic zoloft ( sertraline ) can be taken to treat mood cheap online in the uk , cheap estrace price netherlands, cheapest buy estrace without recipe,  selalu ada.

Meskipun bahasa Indonesia dipahami dan dituturkan oleh lebih dari 90% warga Indonesia, pada kenyataannya Bahasa Indonesia bukan bahasa ibu. Makanya orang Indonesia kerap mencampurkan bahasa Indonesia dengan bahasa daerahnya sendiri dalam percakapan sehari-hari.

Loading...

Bahasa Indonesia berasal dari bahasa Melayu yang berkembang sejak abad ke-19. Bahasa Melayu menjadi populer di nusantara ketika pemerintah kolonial Hindia-Belanda menggunakan bahasa Melayu untuk kelancaran administrasi dikalangan pegawai pribumi yang tidak menguasai bahasa Belanda. Kepopuleran bahasa Melayu semakin memuncak ketika para ahli bahasa Belanda melakukan riset dan membuat standarisasi bahasa Melayu secara modern.

Tidak hanya terbatas melakukan standarisasi bahasa, pemerintah kolonial Hindia-belanda pun melakukan promosi bahasa melayu ke sekolah-sekolah. Bahkan pada tahun 1908 mereka mendirikan Commissie voor de Volkslectuur (Taman Bacaan Rakyat). Dari sinilah bahasa Melayu berkembang semakin pesat. Pada tahun 1917 Commissie voor de Volkslectuur berganti nama menjadi Balai Pustaka. Badan bentukan pemerintah ini menerbitkan novel-novel karangan warga pribumi seperti Siti Nurbaya dan Salah Asuhan, serta buku-buku nonfiksi.

Dikarenakan semakin populernya penggunaan bahasa Melayu di kalangan pemerintahan dan masyarakat sipil, seorang pemuda bernama Muhammad Yamin mengusulkan bahasa Melayu sebagai bahasa persatuan pada kongres pemuda tanggal 28 Oktober 1928. Istilah Bahasa Indonesia kemudian disematkan pada bahasa Melayu untuk menghilangkan kesan imperialisme bahasa.

Berbagai perubahan besar-besaran terhadap bahasa Indonesia dilakukan para ahli. Salah satunya Sutan Takdir Alisyahbana. Dialah tokoh yang berjasa menyusun Tata Bahasa Baru Bahasa Indonesia pada tahun 1936. Puncaknya tentu saja terjadi ketika Bahasa Indonesia ditetapkan sebagai Bahasa Negara yang tercantum pada pasal 36 Undang Undang Dasar 1945 yang disahkan pada tanggal 18 Agustus 1945.

Ternyata dengan adanya buku Bahasa Indonesia, bahasa tersebut semakin terasah dan semakin dipahami.sildalis sildenafil citratecialis online australia paypal

Loading...
Selanjutnya : Nonton Jedar dan Ayu Tingting di ANTV Streaming Online
Sebelumnya: Mengapa Shalat Diturunkan? Ini Dia Hadist Tentang Shalat
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar