Buku Non Fiksi


Buku non fiksi merupakan buku yang ditulis berdasarkan rangkaian fakta. Tetapi ada juga yang dikembangkan berdasarkan fakta dan imaginasi. Misalnya, buku yang ditulis oleh Habibie mengenai kisah percintaannya dengan sang istri tercinta. Buku yang telah difilmkan ini bisa dikategorikan sebagai non fiksi. Buku lain yang dikategorikan non fiksi misalnya, buku yang ditulis oleh Andrew Solomon yang berjudul ‘Far From Ther Tree’.

Buku yang berisikan bagaimana para orang tua harus bersabar dalam menghadapi anak-anak mereka yang mempunyai kebutuhan khusus. Lewat buku ini orang lain yang mempunyai masalah yang sama bisa belajar bagaimana menghadapi anak-anak yang mengalami autisme, tuna daksa, tuna rungu, dan lain-lain.

Kisah Nyata

Buku-buku tentang kisah nyata, bisa dikategorikan sebagai non fiksi. Buku tentang orang-orang yang memaafkan orang lain yang telah bersalah kepada mereka atau buku tentang bagaimana bangkit lagi setelah beberapa kali jatuh dalam bisnis. Buku tentang motivasi yang sekarang banyak beredar bisa juga dikategorikan sebagai non fiksi. Tetapi mungkin karena ada data yang tidak otentik, buku seperti bisa dikelompokan ke dalam non fiksi kreatif dan tidak murni.

Buku yang berdasarkan fakta dan imaginasi ini banyak juga yang disenangi oleh para pembaca. Hal ini dinilai lebih jujur karena daripada mengatakan bahwa sebuah buku itu berkategori non fiksi murni, lebih baik mengatakan bahwa buku tersebut dicampur dengan beberapa data yang tidak otentik.

Buku tentang Pengalaman

Banyak juga orang-orang terkenal yang menuliskan buku memori hidupnya. Misalnya, membuat buku tentang perjalanan haji yang berkesan, buku tentang perjalanan yang luar biasa seperti yang terjadi kepada seorang wartawan yang diculik oleh kelompok ekstrimis.

Bahkan ada juga buku seperti ini yang menjadi kontroversial dan digugat oleh orang lain. Contohnya, Poppy Dharsono yang membuat buku tentang percintaannya dengan suaminya Moerdiono. Banyak kalangan yang merasa tersinggung dan merasa tidak senang dengan isi buku tersebut. Akhirnya buku yang dimaksudkan sebagai satu kenangan indah itu menuai kritik dan gugatan dari pihak yang dikisahkan dengan kurang sepantasnya.

Krisdayanti pun pernah membuat buku tentang dirinya. Buku ini pun bisa dikatakan sebagai buku non fiksi. Kalau mempunyai uang dan kemampuan, tidak menjadi masalah membuat buku seperti ini.

Selanjutnya : Bumbu Rempah untuk Masakan Lebih Beraroma
Sebelumnya: Keistimewaan Gunung Pulo Sari Banten
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar