Buku Tentang Jahit Menjahit

Membaca buku tentang jahit menjahit kemudian mencoba mempraktekan sendiri seperti apa yang diulas dalam buku. Mungkin bagi yang gemar menjadi tak banyak menemui hambatan dan cepat selesai. Tapi, bagi yang belum pernah belajar menjahit sangat sulit dan belum tentu hasilnya sesuai yang diharapkan.

Menjahit merupakan kegiatan yang didasari dari kegemaran, ketekunan, dan ketelitian. Dari modal ini setiap orang bisa menjahit bajunya sendiri dengan benar. Asalkan rajin belajar dan banyak berlatih.

Kegiatan menjahit sebenarnya tak selamanya adalah pekerjaan kaum hawa atau pria pun tak diharamkan terjun sebagai penjahit. Bahkan di sentra-sentra garmen di Bandung, Tasikmalaya penjahitnya lebih banyak dikuasai kaum laki-laki dari pada wanita.

Awal berlatih menjahit itu membaca buku tentang menjahit dulu. Bacalah buku-buku tutorial tentang menjahit. Mempelajari bagaimana menggambar pola, mengukur badan, dan mengenal bahan-bahan baju. Tak ada salahnya Anda mengoleksi aneka buku menjahit, majalah-majalah fashion agar mendapatkan banyak wawasan tentang model baju. Berikut ini sedikit tips belajar menjahit.

1. Mulai dari modifikasi baju

Tahap pertama sebelum membuat baju atau celana. Tahap pertama adalah mulai dengan memodifikasi atau merombak baju dulu. Misalnya, belajar mengganti retsliting celana, memasang kerah, atau mengecilkan ukuran baju.

2. Merombak dan menjahit kembali

Cara kedua masih menggunakan baju bekas, yakni cobalah bongkar baju bekas menjadi bagian-bagian yang lepas. Setelah itu, coba kembali menjahit lagi bagian-bagian baju yang dilepas tadi menjadi baju utuh. Ini bertujuan untuk mengurangi kesalahan apa bila nanti belajar menjahit baju dengan bahan baru.

3. Gunakan bahan murah

Jika sudah mahir, Anda bisa menggunakan bahan kain. Sebaiknya untuk pertama kali menjahit menggunakan bahan murah karena hanya dipakai untuk latihan saja.

4. Teknik menggambar pola

Langkah selanjutnya adalah belajar menggambar pola dasar. Pola ini dipakai untuk memudahkan penjahit memotong baju sesuai dengan bentuk dasarnya. Menggambarnya melalui kertas Koran bekas. Jika sudah benar, baru ditempelkan pada selembar kain dan dipotong. Pada buku jahit menjahit terdapat cara menggambar pola yang benar untuk baju dan celana panjang.

5. Penjahitan

Langkah selanjutnya penjahitan pola yang sudah digunting. Pada tahapan penjahitan sebaiknya didamping oleh orang yang sudah mahir menjahit.

Sekian kiat sukses mempraktekkan menjahit dari buku tentang jahit menjahit. Semoga ulasan tersebut bermanfaat bagi Anda dan menambah wawasan Anda.

Selanjutnya : Cara Mengenali Musuh dari Point Blank
Sebelumnya: Buku Tentang E Marketing
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...