Aneka Resep dan Bumbu Membuat Sop Daging

Salah satu jenis masakan yang digemari masyarakat Indonesia adalah sop. Oleh karena itu tidak mengherankan saat ini banyak variasi resep serta bumbu membuat sop daging, baik daging ayam maupun sapi. Salah satunya adalah sup daging dicampur wortel dan tomat.

Bahan untuk membuatnya adalah ¼ daging sapi atau ayam dipotong kotak-kotak kecil kemudian ditambah satu wortel yang diiris ½ senti dan tomat dipotong jadi enam bagian. Bahan ini masih harus ditambah ditambah daun kol sebanyak lima lembar dan dipotong lebar, daun bawang satu batang dipotong satu senti dan empat bawang merah diiris tipis-tipis.

Loading...

Bahan lain yang harus disediakan bubuk pala sebanyak 12 sendok teh, merica bubuk ½ sendok teh, garam satu sendok teh dan mentega satu sendok makan. Lalu yang terakhir air sebanyak 1,25 liter. Bumbu membuat sop daging ini masih ditambah bawang putih sebanyak empat siung serta daun seledri yang diiris kecil-kecil.

Untuk memasaknya, pertama mentega dimasukan dalam panci hingga menjadi cair. Lalu bawang merah yang sudah diiris dan bawang putih yang telah dihaluskan dimasukan hingga baunya jadi terasa harum. Saat menumis bawang putih dan merah ini apinya tidak boleh terlalu besar namun sedang-sedang saja.

Setelah itu daging ikut dimasukan dan diaduk hingga rata dan warnanya berubah menjadi coklat. Berikutnya air dituang lalu panci ditutup hingga matang. Saat merebus api harus dikecilkan dan proses ini membutuhkan waktu sekitar 40 menit.

Setelah adonan matang wortel, tomat dan kol ikut dimasukan dan diaduk sampai layu. Setelah itu disusul dengan merica dan pala bubuk serta garam. Semuanya diaduk lagi hingga bumbu dapat meresap dalam daging. Setelah ditaburi daun seledri matang sop ini bisa disajikan dan dinikmati.

Masih ada resep lain yaitu sop daging dan kentang. Bahan yang dibutuhkan 12 kilogram daging ayam atau sapi, kentang dua buah. Dua bahan utama ini dipotong kotak kecil. Bahan lain yaitu wortel dua buah diiris tipis, daun seledri, bawah putih tiga siung dihaluskan, garam, merica dan air.

Cara memasaknya lebih sederhana. Pertama air dimasak hingga mendidih lalu daging ayam atau sapi dimasukan dan ditunggu sampai empuk. Berikutnya bahan lainnya ikut dimasukan ke dalam adonan dan diaduk-aduk.

Berikutnya semua jenis bumbu membuat sop daging yaitu garam, merica dan penyedap rasa dimasukan dan diaduk kemudian ditunggu hingga mengeluarkan aroma harum. Terakhir tinggal menaburkan daun seledri yang sudah diiris. Setelah itu tinggal menyajikan dalam mangkok dan dinimati ketika masih panas.

Loading...
Selanjutnya : Burung Kacer Istimewa
Sebelumnya: Unsur-Unsur Keragaman Budaya Konflik
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar