Mengenal Palem Merah dan Bunga Palem Merah


Apakah Anda pernah melihat bunga palem merah?Barangkali Anda lebih akrab dengan palem botol, palem putri, atau palem raja. Sebagai salah satu jenis tanaman palem, palem merah atau Cyrtostachys renda memang banyak digemari dan banyak dicari. Masyarakat biasanya mengenal tanaman ini sebagai pinang merah.

Bentuk Palem Merah

Penamaan tanaman palem merah didasarkan pada warna merah pada pelepah daun dan tulang daun. Agar warna merah dapat bertahan, tanaman ini ditaruh pada tempat yang banyak mendapatkan sinar matahari. Bentuk tanaman palem merah cukup menarik, sehingga kerap dijadikan tanaman penghias halaman rumah. Tanaman dengan batang ramping ini dapat tumbuh hingga 16 meter dan tumbuh pada dataran rendah di hutan rawa.

Palem merah memiliki daun majemuk yang senantiasa bertambah besar. Hal ini bermanfaat untuk mengontrol intensitas sinar matahari. Setiap daun mengandung kurang lebih 50 anak daun (leaflet) yang sempit dan panjangya mencapai 45 cm.

Bagaimana Pohon Palem MerahTumbuh?

Di Indonesia, tanaman palem merah tumbuh di wilayah Kalimantan dan Sumatera dengan tingkat kelembaban tinggi.Tanaman bunga palem merah dapat dibudidayakan dengan biji atau anakan palem merah yang dipisahkan dari induknya.

Untuk memisahkannya diperlukan teknik khusus agar prosentase keberhasilannya tinggi. Tidak jarang faktor alat yang kurang tajam maupun orang yang melakukan pemisahan menyebabkan kegagalan.

Bunga pada Palem Merah

Tanaman palem merah tergolong tumbuhan berbunga dan berumah satu, sehingga ovulum dan serbuk sari dihasilkan bunga yang berlainan, namun dalam satu pohon. Bunga tumbuhan palem merah memanjang hingga 60 cm. Posisi bunga terletak di bawah daun. Selain berbunga, palem merah juga dapat berbuah. Meskipun panjangnya hanya 1 cm, buah ini akan berwarna hitam dengan bagian bawah merah ketika matang.

Kegunaan Palem Merah

Kebanyakan masyarakat memanfaatkan pinang merah sebagai tanaman hias di halaman maupun taman dalam rumah. Tidak jarang pula ada yang beranggapan jika pohon ini membawa keberuntungan bagi sang pemilik dan menolak guna-guna maupun untuk tolak bala.

Jika Anda tertarik untuk berbisnis tanaman palem, maka jenis bunga palem merah adalah pilihan tepat karena palem ini harganya lebih mahal dibandingkan palem lainnya. Semakin besar ukuran palem, harganya akan semakin tinggi, bahkan mencapai jutaan. Ide berbisnis tanaman palem merah sepertinya dapat menjadi alternatif bagi Anda yang masih kebingungan dalam memilih ide bisnis tanaman. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Mengenal Struktur Lapisan Atmosfer Dari Wikipedia
Sebelumnya: Mengenal Lebih Dekat Artis Magdalena
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar