Mengenal Bunga Raflesia Arnoldi

Bunga Raflesia Arnoldi adalah salah satu bunga terbesar di Indonesia dan dunia. Mengapa Raflesia Arnoldi ini sering disebut bunga bangkai? Karena Raflesia Arnoldi ini tak seperti bunga-bunga lainnya yang biasanya menebar bau harum yang menyenangkan. Bunga ini malah menyebarkan bau busuk. Bau busuk yang keluar dari Raflesia Arnoldi inilah yang membuat bunga ini disebut dengan bunga bangkai. Meski bentuk Raflesia Arnoldi ini cukup indah, tetapi bau busuk yang keluar dari bunga tersebut kadang membuat banyak orang tidak tahan.

Selain dijuluki sebagai bunga bangkai, Raflesia Arnoldi ini juga sering disebut dengan bunga raksasa, mengapa demikian? Karena ukuran bunga Raflesia Arnoldi ini cukup besar, bahkan salah satu bunga terbesar di Indonesia dan dunia. Seberapa besar ukuran Raflesia Arnoldi ini?

Sejarah Raflesia Arnoldi

Bagaimana sejarah bunga bangkai atau bunga raksasa ini bisa disebut dengan nama Raflesia Arnoldi? Hal ini tak lepas dari sejarah penemuan bunga raksasa ini pada tahun 1818 oleh seorang peneliti bernama Joseph Arnold dan seorang gubernur jenderal yang juga menjadi peneliti, yakni Thomas Stanford Raffles. Penemuan ini berawal ketika sebuah kelompok ekspedisi yang sedang melakukan penelitian di sebuah daerah di Indonesia.

Tim tersebut kemudian mencium bau busuk yang membuat mereka penasaran untuk mencari sumbernya. Tim ekspedisi tersebut akhirnya menemukan sumber bau busuk yang ternyata berasal dari sebuah bunga raksasa. Bunga raksasa berbau busuk yang baru ditemukan ini akhirnya diberi nama Raflesia Arnoldi. Beberapa sumber menyebutkan bahwa bunga Raflesia Arnoldi ini pertama kali ditemukan oleh para peneliti tersebut di daerah Bengkulu.

Mengenal Raflesia Arnoldi

Raflesia Arnoldi ini sebenarnya bukan bunga seperti pada umumnya karena tanaman ini masuk pada golongan talas-talasan yang memiliki nama latin Amorpholus Titanium Becc. Selain Raflesia Arnoldi, ada bunga raksasa lain yang juga disebut dengan bunga bangkai karena juga menimbulkan bau busuk yang hampir sama.

Bunga tersebut dinamai dengan bunga bangkai. Lalu apa bedanya bunga bangkai dengan Raflesia Arnoldi? Kedua bunga ini sama-sama memiliki ukuran yang cukup besar, perbedaan terlihat saat keduanya mekar. Bunga bangkai saat mekar terlihat tinggi dan bentuknya mirip sebuah terompet. Sedangkan Raflesia Arnoldi ini mirip bunga biasa dengan ukuran besar dan tinggi maksimal sekitar setengah meter.

Saat ini bunga Raflesia Arnoldi ini termasuk bunga langka yang dilindungi. Meski berbau busuk, bunga ini tetap menarik perhatian dan menimbulkan penasaran. Anda mungkin salah satu yang penasaran?

Selanjutnya : Bahasa Sunda Belum Terancam Punah
Sebelumnya: Alay, Budaya Modern di Indonesia?
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...