Konsep Bela Negara, Kajian Bunyi Pasal 30 dan 33


Sekilas,  bunyi pasal 30 dan 33 seolah-olah tidak berkaitan. Berikut adalah sebuah konsep bela negara, sebuah kajian bunyi pasal 30 dan 33 UUD 1945. Pada pasal 30 membahas tentang pembelaan negara dan pertahanan Nasional, sedangkan pasal 33 tentang perekonomian negara. Seperti inilah bunyi dari masing-masing ayat tersebut.

pasal

Kita telaah terlebih dahulu mengenai konsep bela negara. Dalam UUD ’45 pasal 30 di atas telah diuraikan sebuah konsep bela negara. Ada konsep nonfisik dan konsep fisik. Konsep bela negara nonfisik merupakan  bentuk pembelaan negara secara tidak langsung yang menitikberatkan pada kesadaran atas penangkalan ancaman segala bidang, baik dari dalam ataupun luar negeri, dengan berbagai kondisi dan terus berlangsung sepanjang masa.

Sementara itu, konsep fisik berarti keterlibatan secara langsung warga negara sipil dalam mempertahankan negara. Keikutsertaan warga negara sipil dalam pembelaan negara tersebut dapat berupa pendidikan kewarganegaraan, pelatihan dasar dan wajib kemiliteran, pengabdian sebagai TNI secara sukarela maupun wajib, serta pengabdian warga negara sesuai profesinya masing-masing.

UU nomor 3 2002 menyatakan bahwa bentuk pertahanan negara bersifat semesta, dalam artian tidak hanya warga negara saja yang ikut aktif berperan, melainkan segala yang ada di wilayah negara. Seperti, sumber daya alam, sarana prasarana nasional, serta seluruh wilayah negara kesatuan.

Komponen Bela Negara

Karena komponen pembelaan negara terdiri atas:

1. Komponen utama, yaitu TNI

2. Komponen cadangan, yaitu warga negara, sumber daya alam, sarpras nasional, yang dikerahkan untuk menyokong komponen utama.

3. Komponen pendukung, yaitu warga negara, SDA, sarpras nasional yang dapat digunakan untuk membantu komponen utama dan cadangan

Sehingga, antara pasal 30 dan 33 sangat erat kaitannya. Pengaturan pasal 33 tentang perekonomian negara dan pemanfaatan sumber daya alam yang utuh dapat membantu pertahanan nasional negara kita.

Karena perekonomian dan sumber daya alam tersebut bagian dari komponen cadangan dan pendukung dari pertahanan nasional dan bentuk pembelaan negara. Jika keduanya terpuruk dan tidak dipergunakan sebagaimana mestinya, pastilah akan berimbas pada pertahanan negara kita. Ekonomi kuat, negara pun hebat.

Selanjutnya : Menghafal Kuadran Trigono: Perlu atau Tidak Perlu
Sebelumnya: Menggambar Pemandangan Menjadi Gambar Istimewa
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar