Keunikan Burung Manyar


Burung manyar adalah burung pemakan biji-bijian. Ia menyukai habitat terbuka seperti area sawah dan padang rumput yang merupakan tempat bersarang burung itu. Musim berkembangbiaknya di mulai dari April hingga Oktober, dan habitat burung ini adalah pulau Jawa.

Burung Manyar

Burung ini cukup digemari banyak orang, karena ia bisa mengeluarkan kicau yang indah. Burung ini hutan atau burung ini liar adalah burung ini yang biasanya di cari oleh peternak atau penyuka burung ini.

Ada yang unik dari kebiasaan kawin antara burung jantan dan betinanya. Untuk mengajak kawin, biasanya burung ini jantan akan membuat sarang terlebih dahulu, namun jika burung betina tidak menyukainya, burung jantan akan membongkar lagi dan membuat lagi sampai si betina suka.

Begitu juga dengan betina, jika ia menyukai sang jantan, maka yang pertama kali dilakukan adalah menyelidiki sarangnya dulu. Kesempurnaan sarangnya adalah daya tarik utama bagi betina. Sarang burung ini pun unik, Anda bisa mencoba mencari tahu lebih lanjut mengenai sarang burung ini melalui internet yang akan menampilkan foto-foto sarang burung cantik ini.

Burung ini memiliki pasaran yang lumayan, terbukti dengan harganya yang bisa dibilang bersaing dengan burung piaraan lainnya. Para penyuka burung akan mengatakan bahwa burung ini memiliki suara yang unik. Saking uniknya ia bahkan bisa menirukan suara burung kenari.

Mungkin dari sinilah ia memiliki harga yang cukup bagus di pasaran. Tapi di sebagian tempat, burung ini justru di anggap hama oleh para petani. Oleh karena itu banyak petani yang mencoba mengusir bahkan menekan populasi burung ini. Mungkin karena burung ini dan pipit sama-sama menyukai tanaman padi, dan para petani merasa terganggu karena padinya di makan oleh burung ini.

Burung ini memiliki ciri khusus bagi betina dan jantan. Jika orang awam melihatny, kebanyakan tidak bisa membedakan dengan baik sebelum mengetahui ciri-cirinya. Adapun ciri-cirinya adalah sebagai berikut:

Manyar Jantan

  1. Memiliki kepala berwarna kuning
  2. Warna paruh hitam
  3. Sayapnya berwarna dasar hitam bergaris kuning
  4. Dada hingga perut putih dengan bintik coklat

Manyar Betina

  1. Mahkota atau kepala berwana coklat
  2. Warna paruh kuning kemerahan
  3. Bulu disekitar telinga berwarna kuning melingkar

Itulah ulasan singket mengenai keunikan yang dimiliki burung manyar. Semoga ringkasan ini bermanfaat untuk Anda.

Selanjutnya : Berbagai Kata-Kata untuk Mempertahankan Hubungan Anda
Sebelumnya: Kolektor Produk Apple
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar