Kolibri Burung Penghisap Madu


Burung penghisap madu atau yang dikenal dengan kolibri, termasuk kelompok burung kecil dan tergolong dalam familia Trochilidae. Bahkan, kolibri lebah adalah salah satu jenis burung kolibri yang terkecil di dunia.

Keunikan Burung Kolibri

Keunikan burung madu ini tidak hanya pada tubuhnya yang kecil, karena kolibri adalah satu-satunya burung di dunia yang bisa terbang mundur. Cara terbang kolibri adalah dengan mengepakkan sayapnya 12-90 kali per detik dan kecepatan terbang kolibri mencapai 54 km/jam atau 15m/detik.

Persebaran burung madu ini cukup luas, mulai dari Hawaii, Selandia Baru, Papua Nugini, Australia, dan Oseania. Di Indonesia sendiri, terdapat satu spesies burung pemakan madu yang hidup di Bali, dan pada Desember 2005 ditemukan burung penghisap madu di Pegunungan Foja, Papua.

Ukuran burung kolibri sekitar 13 cm dengan ciri-ciri fisik betina dan pejantan yang amat berbeda. Burung kolibri betina memiliki tubuh bagian bawah berwarna kuning muda dan bagian atas berwarna hijau zaitun.

Sedangkan burung jantan memiliki tubuh bagian bawah berwarna kuning serta mahkota dan punggung hijau yang berkilau bila terkena cahaya. Selain itu, burung kolibri jantan memiliki tenggorokan, dagu, pipi yang berwarna cokelat tua dan tunggir, ekor, penutup sayap, serta bagian kumis berwarna ungu terang.

Seperti namanya, kolibri mengisap madu sebagai makanannya. Karena itu, habitat burung kolibri banyak ditemui di area terbuka dengan banyak pepohonan seperti perkebunan, hutan mangrove, pinggiran pantai, atau di ketinggian 1200 m dpl.

Seperti lebah, kolibri meminum cairan manis di dalam bunga (nektar) dan kolibri lebih menyukai bunga dengan nektar berkadar gula tinggi karena mereka mampu menilai jumlah gula dalam nektar yang mereka makan. Selain nektar, kolibri juga mengonsumsi serangga dan laba-laba.

Seperti burung pemakan nektar lainnya, kolibri memiliki palung seperti lidah (paruh panjang melengkung) yang digunakan untuk meminum nektar. Kolibri menghabiskan waktu mereka sekitar 75-80% untuk bertengger dan mencerna makanan dan sekitar 10-15% waktu sisanya digunakan untuk makan. Dalam sehari, kolibri bisa mengunjungi ratusan bunga untuk makan.

Kolibri jarang terbang, karena itu akan menyedot banyak energi mereka. Kolibri harus makan dalam jumlah lima kali berat badan mereka dalam sehari. Meski begitu, proses metabolisme kolibri merupakan yang tertinggi dibanding hewan sejenis. Dengan pola hidup seperti ini, usia burung penghisap madu ini bisa mencapai 10-12 tahun.

Selanjutnya : Beberapa Hewan Menjadi Organisme yang Langka di Indonesia
Sebelumnya: Orang-orang yang Wajib Menerima Zakat
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar