Busana Tari Saman yang Berwarna-warni


Tari Saman merupakan tarian yang berasal dari Aceh lebih khusus lagi tarian suku Gayo. Tari Saman ini sudah terkenal dan sangat mendunia.Hal ini disebabkan oleh  keunikan tarian yang hanya menggunakan suara dan tepukan tangan sebagai irama tanpa menggunakan musik sama sekali serta busana tari Saman ini sendiri yang berwarna-warni.

Sejarah terciptanya tarian ini sendiri adalah melalui seorang ulama yang bernama Syekh Saman yang asli Gayo. Oleh karenanya tarian ini dberi nama sesuai dengan namanya. Tarian ini menggambarkan tentang keagamaan, bagaimana bersopan santun, tentang pendidikan, tentang kepahlawanan serta kebersamaan dan kekompakan.

Tari Saman

Tari Saman biasa dilakukan oleh 10 orang lebih dengan hitungan ganjil. Namun bila ingin menampilkan tarian ini dalam format utuh membutuhkan setidaknya 17 orang penari. Masing-masing penari ini memiliki perannya masing-masing.

Tari ini benar-benar hanya mengandalkan nyanyian yang berupa syair-syair dan suara tepukan tangan dari gerakan-gerakan para penari. Nyanyian dan tarian yang dimulai dengan tempo lambat pada awalnya akan berubah secara perlahan menjadi cepat, semakin cepat dan sangat cepat.

Disinilah keunikan tarian ini, dengan tempo bernyanyi dan menari yang sangat cepat, kekompakan dan keharmonisan tarian Saman ini tidak berubah. Perubahan dari satu gerakan dengan gerakan lainnya tetap kompak sehingga memberikan kesan seolah-olah para penari ini memiliki banyak tangan.

Busana yang dikenakan pun menambah semarak penampilan para penari. Biasanya busana para penari terbagi menjadi tiga bagian;

  • pada kepala menggunakan bulung teleng/tengkuluk  biasanya berbahan dasar hitam. Namun sering diseragamkan motifnya dengan sarung yang dikenakan.
  • menggunakan baju pokok/baju kerawang, menggunakan celana serta sarung yang bermotif cerah.
  • pada tangan biasanya menggunakan topeng gelang dan sapu tangan.

Seringkali kita lihat dalam beberapa penampilan, para penari Saman menggunakan busana tari yang beraneka warna.  Pemilihan busana  yang berwarna warni ini melambangkan kebijaksanaan, kekompakan, keharmonisan, keberanian serta keperkasaan.

Demikianlah penjelasan singkat tentang busana tari Saman. Semoga kita sebagai warga negara Indonesia akan semakin mencintai budaya Tradisional kita sendiri.

Selanjutnya : Tips dan Nama Romantis untuk Sepasang Kekasih
Sebelumnya: Jenis dan Nama Pupuk untuk Buah Kelapa Sawit
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar