Mengenal Cabang-cabang Filsafat Khusus


Jika dilihat dari struktur ilmu pengetahuannya, filsafat bisa dibagi jadi tiga macam yaitu filsafat keilmuan, filsafat sistematis, dan filsafat khusus. Sementara itu, untuk filsafat khusus sendiri masih terbagi lagi di beberapa cabang. Adapun cabang-cabang filsafat khusus tersebut adalah sebagai berikut.

Filsafat Seni, Kebudayaan, dan Pendidikan

Filsafat seni tidak hanya membahas tentang karya seni maupun benda seni sebagai produk, tetapi juga aktivitas yang dilakukan manusia dalam menghasilkan karya tersebut. Selain itu, ada tiga masalah utama dalam filsafat seni.

Masalah pertama, yaitu seniman yang merupakan pembuat atau pencipta seni. Kemudian yang kedua, hasil karya seni itu sendiri serta yang ketiga pihak lain yang menjadi penikmat hasil seni tersebut.

Untuk filsafat kebudayaan, mengandung arti ilmu yang punya tugas atau fungsi untuk melakukan penyelidikan terhadap hakikat atas kebudayaan. Selain itu, memahaminya atas dasar sebab-sebab dan kondisi-kondisi yang aesensial.

Bukan itu saja cabang ilmu ini juga harus mampu menjabarkan nilai budaya sesuai dengan tujuan yang paling mendasar. Sebab dari sinilah akan ditentukan arah maupun perluasan perkembangan suatu budaya.

Sementara itu, filsafat pendidikan merupakan hasil suatu pemikiran atau perenungan yang dilakukan secara mendalam atas hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan. Perenungan tersebut meliputi tiga hal, yaitu arti dari pendidikan itu sendiri, tujuannya, dan metode yang dapat ditempuh untuk merealisasikan dan menggapai tujuan pendidikan.

Filsafat Sejarah, Bahasa, Hukum, dan Budi

Adapun filsafat sejarah merupakan suatu tinjauan atas berbagai peristiwa yang mempunyai nilai histori terutama dilihat dari sisi filosofis. Tujuannya adalah agar bisa mengetahui beberapa faktor essensial yang berpengaruh terhadap perjalanan atau peristiwa yang telah berlalu.

Selanjutnya filsafat bahasa merupakan gabungan atau paduan antara ilmu filsafat dan linguistik. Ilmu tersebut menjalankan penyelidikan atas kedudukan dan kodrat suatu bahasa yang menjadi media dalam kegiatan manusia berikut dengan dasar-dasar teoritis dan konseptual. Ilmu tersebut masih terbagi lagi menjadi dua, yaitu filsafat bahasa sehari-hari dan filsafat bahasa ideal.

Cabang lainnya disebut dengan filsafat hukum yang menitik beratkan pada pembahasan tentang hakikat suatu hukum, tujuan dan alasan kenapa setiap orang harus mau tunduk pada aturan atau hukum. Selain itu juga dibahas hubungan antara hukum dengan moral atau etika serta peraturan yang berkaitan dengan lembaga hukum.

Salah satu cabang-cabang filsafat khusus yang terakhir disebut filsafat budi atau mantiq. Yaitu suatu penyelidikan agar dapat mengetahui sebuah kebenaran. Penyelidikan ini dinamakan logika. Sementara itu, pihak yang menyelidiki disebut dengan nama logika mayor.

Selanjutnya : Definisi Enzim dan Koenzim
Sebelumnya: Perilaku Individu Organisasi yang Diharapkan Banyak Orang
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar