Cabang-Cabang Ilmu Sosial


Cabang-cabang ilmu sosial bisa dikatakan cukup banyak. Semua bidang ilmu sosial sangat dibutuhkan di dalam kehidupan. Oleh karena itu, belajar ilmu sosial sangat diperlukan. Profesi di bidang ilmu sosial pun cukup menggiurkan bayarannya.

Ilmu sosial adalah sebuah disiplin ilmu yang mempelajari aspek sosial yang berhubungan dengan manusia dan lingkungan sosial. Ilmu ini demikian beda dengan ilmu lainnya sebab ilmu sosial adalah ilmu yang mempelajari tentang manusia secara ilmiah. Pelajaran sosial di sekolah pun kini banyak dipelajari.

Belajar ilmu sosial memiliki keuntungan yang pasti. Manfaat ilmu sosial langsung bisa diterapkan di masyarakat daripada ilmu alam dan semisalnya. Artikel tentang ilmu sosial juga banyak ditulis, baik di internet maupun di koran atau majalah. Ahli ilmu sosial juga banyak menjadi konsultasn di beberapa tempat.

Cabang-cabang ilmu sosial adalah:

1. Antropologi

Adalah ilmu yang mempelajari manusia secara umum. Ada antropologi budaya, yaitu ilmu yang mempelajari tentang seluk beluk budaya di masyarakat dan daerah. Ilmu ini banyak dipelajari oleh para budayawan, dan juga banyak terdapat di sekolahan-sekolahan sebagai salah satu mata pelajaran.

2. Ekonomi

Adalah ilmu yang mempelajari tentang seluk-beluk kekayaan finansial di masyarakat. Ilmu ekonomi juga terbagi menjadi lebih banyak lagi. Peminat ilmu ekonomi cukup baanyak. Dibukikan dengan adanya banyak mahasiswa yang mendaftar dalam disiplin ilmu ini di berbagai universitas.

3. Geografi

Adalah ilmu yang mempelajari tentangs seluk beluk keruangan manusia di atas muka bumi ini.

4. Hukum

Adalah ilmu yang mempelajari tentang aturan yang sudah dilembagakan. Dalam hal ini yang dimaksud adalah hukum negara, undang-undang, dan semisalnya.

5. Linguistik

Adalah cabang ilmu sosial yang mempelajari soal aspek kognitif dan sosial dari bahasa dalam masyarakat.

6. Ilmu politik

Adalah sebuah cabang ilmu sosial yang mempelajari sekelompok manusia dalam sebuah kesatuan.

7. Psikologi

Adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku dan proses mental dari manusia. Psikologi berasal dari bahasa Yunan. Yang berarti ilmu jiwa, atau ilmu yang mempelajari seluk beluk kejiwaan manusia

8. Sejarah

Adalah cabang ilmu sosial yang mempelajari seluk beluk masa lalu manusia. Bisa berupa tingkah laku, asal muasal, hingga peninggalan-peninggalan.

9. Sosiologi

Adalah ilmu yang mempelajari hubungan natar manusia di dalam sebuah kesatuan

Demikianlah artikel tentang cabang ilmu sosial. Semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.

Selanjutnya : Macam Bubur untuk Bayi Usia 6 Bulan ke Atas
Sebelumnya: Burung Gajah Adalah Burung Terbesar Di Dunia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar