Penyebab Cacar, Jenis dan Cara Penularannya

Anda mungkin pernah menderita penyakit cacar (herpes) sewaktu masih kecil. Anda mungkin sampai saat ini berpikir tentang penyebab herpes yang mengganggu ini, karena proses penyebarannya sungguh cepat. Jika satu anak di dalam keluarga terserang penyakit kulit ini, maka saudara-saudaranya akan cepat tertular. Berikutnya, teman di sekitar rumah dan teman di sekolahan.

Rasa gatal dan nyeri terasa di seluruh badan karena timbul bentol-bentol atau gelembung-gelembung yang berwarna bening, warna bening itu adalah air. Rasa gatal semakin terasa apabila terkena hembusan angin dan perubahan suhu. Ketika penderita sudah tidak tahan maka bentol-bentol dipencet dan akhirnya bertambah parah.

Loading...

Penyebab Penyakit Cacar

Menurut dokter bahawa penyebab penyakit herpes atau dikenal dengan nama herpes adalah virus memasuki badan manusia kemudian menyerang sistem pernafasan. Antara waktu 4 sampai dengan 6 hari, kemudian virus itu menyerang beberapa bagian tubuh manusia, biasanya menggangu kinerja hati (limpa), dan bagian tubuh manusia lainnya.

Ketika virus sudah bertahan di tubuh penderita lebih dari 1 minggu, selanjutnya virus ini menguasai seluruh organ tubuh penderita lewat aliran darah. Kulit adalah salah satu bagian terakhir dari proses penyebaran virus. Ketika kulit sudah terserang maka akan timbul gelembung air.

Virus ini memiliki keunikan karena setelah menyerang tubuh seseorang maka akan membangkitkan sistem imunitas (kekebalan) terhadap serangan virus sejenis berikutnya. Ada juga kasus seseorang terserang beberapa kali dalam hidupnya, namun kasus ini sangat jarang terjadi.

Penyebaran virus herpes bisa terjadi dengan beberapa cara, semisal kontak kulit dengan penderita caca secara langsung, cairan gelembung air yang pecah dan mengenai orang lain, lewat jalan udara dengan batuk dan bersin, memakai baju bekas penderita herpes yang tidak dicuci bersih, hubungan seksual, dan cara yang lainnya.

Jenis-jenis Penyakit Cacar

Mayoritas kasus penyakit herpes disebabkan oleh virus tertentu, beberapa jenis penyakit ini yang sudah didentifikasi oleh pakar kesehatan. Namun biasanya masyarakat menduga semua penyakit herpes adalah sama. Berikut ini beberapa jenis penyakit herpes :

1. Herpes air

Herpes air disebabkan oleh virus Varisela zoster.

2. Herpes ular

Herpes ular disebut juga sebagai Herpes zoster. Penyebab herpes jenis ini sama dengan penyebab penyakit herpes  air. Namun perbedaannya adalah benjolan mempunyai garis dan berwarna kemerahan.

3. Herpes  monyet

Anda mungkin mengenal nama lain dari herpes ini yaitu Impetio bulosa. Virus yang menyebabkan jenis penyakit herpes ini yaitu Staphylococcus aureus.

Demikian ulasan tentang penyebab herpes yang sering diderita masyarakat tanah air, semoga wawasan kesehatan Anda bertambah.

Loading...
Selanjutnya : Percakapan Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris
Sebelumnya: Macam-macam Permainan Berenang yang Ada Airnya
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar