Cacing Merah Adalah Cacing yang Paling Disukai Ikan Mas


Gemar memancing? Bagi pehobi memancing, tentunya sudah mengenal beberapa peralatan memancing, seperti pancing, tali pancing, mata kail, dan penggulung tali pancing. Berbagai alat pancing dan perlengkapannya ada berbagai jenis yang juga terbuat dari bahan yang berbeda-beda pula. Tetapi, jangan lupakan satu hal penting lain, yaitu umpan. Tanpa umpan ikan tak akan mau mendekati alat pancing Anda. Menggunakan umpan pun tak bisa sembarangan, tak mungkin Anda menggunakan keju layaknya memasang umpan pada jebakan tikus. Roti masih masuk akal, tetapi tentu saja makanan yang disukai ikan adalah cacing. Cacing merah adalah cacing yang paling disukai ikan mas. Mengapa demikian? Simaklah tulisan berikut ini.

Cacing merah terutama yang masih segar dan hidup sering dipakai para pemancing sebagai umpan. Hal ini disebabkan, karena ketika masih hidup dan dijadikan umpan, cacing merah akan bergerak-gerak sehingga terlihat menarik bagi ikan mas. Kemungkinan juga cacing tersebut memancarkan aroma yang menggiurkan bagi ikan mas sehingga tergoda untuk menyantapnya.

Jika tak percaya, coba menggunakan trik umpan cacing merah ini saat memancing di empang. Pastikan dahulu aturan di empang mengizinkan pemakaian umpan dengan cacing merah. Salah satu cacing yang berwarna merah kecoklatan dengan ruas-ruas adalah cacing sutra. Dalam bahasa latin, nama cacing sutra ini adalah Tubifex sp. Ada berbagai nama alias bagi cacing sutra ini di Indonesia, di antaranya adalah cacing darah atau cacing rambut. Karena ukuran dari cacing ini memang mirip rambut dengan ukuran panjang kira-kira 1 cm hingga 3 cm.

Ketika memancing dalam menentukan umpan, pertimbangkanlah ukuran dari ikan yang ditebar, apakah termasuk dalam golongan ikan babon atau super. Pertimbangkan juga arah hembusan angin dan lapak-lapak hidup atau titik tempat ikan berkumpul. Jika ikan tidak berselera pada umpan yang dipasang pada mata kail ada beberapa kemungkinan, antara lain adalah ikan sakit atau kondisi air pemancingan atau empang yang tidak memadai.

Ikan dapat sakit karena terkena bekas pancing, tetapi berhasil meloloskan diri saat menarik pancing atau saat ikan akan diangkat. Kondisi air kolam pemancingan yang tidak memadai bagi kehidupan ikan mas dapat menyebabkan ikan tampak mengambang di permukaan atau di sekitar blower.

Demikianlah sekilas ulasan mengenai cacing yang paling disukai ikan mas dan tips memancing. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Cara Agar Bisa Umroh
Sebelumnya: Sekilas Burung Puyuh
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar