Cara Cangkok Batang Tanaman


Cangkok batang adalah istilah untuk pencangkokan batang dari sebuah pohon. Biasanya, cangkok atau pencangkokan ini dilakkan terhadap pohon yang berbuah. Cangkok tidak dilakukan terhadap tanaman berbunga seperti bunga mawar, melati, atau bunga-bunga lainnya yang memiliki batang ringkih.

Cangkok betujuan untuk mengembangkan tanaman. Pengembangan tanaman dengan cangkok konon diyakini lebih banyak menghasilkan kesuksesan daripada kegagalan. Metode cangkok untuk mengembangkan tanaman ini cukup digemari.

Cara cangkok sendiri pada dasarnya sama saja, yaitu menyayat bagian batang dengan ukuran dan tahapan-tahapan tertentu. Para penggemar tanaman atau petani pasti tahu jika ditanya soal cangkok tanaman atau cangkok pohon. Contohnya saja cangkok pohon durian yang banyak dilakukan untuk mengembangbiakkan durian montong atau sejenisnya.

Syarat Cangkok Batang

Cangkok batang memiliki beberapa persyaratan, yaitu:

1. Batang yang dipilih harus tua dan kuat
2. Pohon harus yang subur

Proses Mencangkok

Jika sudah memenuhi syarat, maka mulailah proses pencangkokan. Proses cangkok membutuhkan beberapa bahan, yaitu:

1. Pilih tanaman yang kuat dan tua.
2. Pisau yang sangat tajam untuk menyayat
3. Plastik berwarna gelap
4. Tali
5. Tanah yang gembur
6. Kupas kulit sekitar 3-5 cm. Saat mengupas usahakan sampai terlihat batang kayunya
7. Berikan lubang pada plastik yang digunakan untuk mencangkok
8. Siram secara berkala cangkok batang tersebut

Lakukan seluruh proses tersebut dengan baik dan benar. Jika semua prosesnya tercapai dnegan baik, tentu hasilnya akan baik. Intinya, perhatikan tingkat kelembababan dan juga lain-lain. Selain itu, jangan mencangkok pada musim kemarau yang menyengat, atau pada musim hujan saat curah hujan sangat tinggi. Kalaupun akan mencangkok di musim kemarau, harus diperhatikan kadar air. Teknik cangkok di atas sebenarnya sangat umum, dan hampir semua petani pasti tahu.

Demikianlah artikel tentaang cangkok batang ini. Semoga bisa membawa manfaat untuk kita semua serta menambah wawasan akan teknik cangkok batang, baik pada tanaman berbuah atau tanaman bunga.

Selanjutnya : Administrasi Negara Zaman Romawi Kuno
Sebelumnya: Beberapa Unsur Intrinsik Novel Remaja
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar