Cara Agar Menang Lomba Pidato

Bagaimana cara agar menang lomba pidato? Pemikiran seperti ini adalah pemikiran yang ada di dalam benak peserta lomba pidato baik dalam lingkup kelas maupun dalam lomba yang cukup umum. Namun tidak semua orang akan menjadi juara pidato.

Kriteria Pemenang

Hanya mereka yang memiliki kualitas sajalah yang akan menjadi pemenang dari lomba tersebut. Lalu apa sebenarnya kualitas yang diperlukan untuk dimiliki oleh seseorang agar menjadi pemenang dari sebuah lomba pidato?

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika mengikuti sebuah lomba. Beberapa hal tersebut adalah sebagai berikut.

1. Juri

Perlu diketahui bahwa juri juga manusia yang tentunya memiliki selera yang berbeda-beda dalam menentukan pemenang dari sebuah lomba. Dalam lomba apapun faktor juri cukuplah penting untuk menentukan seseorang menjadi pemenang.

Dalam satu lomba dengan juri A terkadang seseorang tidak menang. Namun ketika juri ganti maka ada kemungkinan seseorang tersebut untuk menang karena menang dan kalah seseorang bergantung pada juri. Meskipun ada standar penilaian yang dimiliki oleh masing-masing juri.

2. Kemampuan  

Hal lainnya yang juga menjadi sebuah faktor dominan dalam penentu kemenangan seseorang dalam mengikuti lomba pidato adalah kemampuan yang dimiliki oleh peserta tersebut. Kemampuan yang baik akan menghasilkan dirinya menjadi seorang juara lomba pidato.

Menjadi Pemenang

Karena kemenangan dari sebuah lomba ditentukan oleh adanya dua faktor yakni dari juri dan dari diri sendiri maka upaya yang harus dilakukan oleh peserta adalah memperbaiki diri sendiri. Adapun upaya yang harus dilakukan dalam memperbaiki diri sendiri agar pidatonya menjadi bagus adalah sebagai berikut.

1. Pemahaman

Seorang peserta lomba harus paham dengan baik mengenai isi dari pidato yang akan disampaikan. Jika tidak maka penyampaian pidatonya akan kosong dan tidak mendapatkan respon yang baik.

2. Penguasaan Kosa Kata

Penguasaan kosa kata yang baik juga sangat perlu dimiliki oleh peserta lomba. Jika tidak, maka ketika berpidato akan mengalami kendala.

3. Latihan Pelafalan

Latihan pelafan yang baik sangatlah penting. Kita harus mampu memberikan penekanan yang tepat pada kata-kata tertentu. Penekanan terhadap kata-kata tertentu tersebut ditujukan untuk mendapatkan respon yang baik dari para pendengar.

4. Penghayatan

Sama halnya seperti pemahaman isi pidato kita juga harus menghayati dengan baik isi pidato tersebut. Dengan demikian, apa yang kita sampaikan akan memiliki makna yang sangat dalam kepada pendengar.

Demikianlah hal yang harus dimiliki oleh seseorang sebagai cara agar menang lomba pidato. Dalam lomba yang perlu dipikirkan adalah berusaha yang terbaik. Dengan demikian, kita tidak akan menyesal karena sudah melakukan usaha yang maksimal.

Selanjutnya : Cara Agar Facebook Tidak Diblokir dengan Pihak Facebook
Sebelumnya: Cara untuk Memperoleh Hati Sapi yang Terhindar dari Cacing Hati
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...