Cara Agar Suara Falset Sama dengan Suara Asli


Bagaimana cara agar suara falset sama dengan suara asli? Menyanyi adalah salah satu aktivitas yang menyenangkan. Setiap orang dapat memiliki hobi menyanyi hingga menjadikan aktivitas tersebut sebagai profesi.

Seorang penyanyi profesional tentu dituntut untuk dapat bernyanyi dengan teknik vokal yang baik. Namun demikian, setiap orang juga dapat berlatih teknik vokal meskipun sekadar hobi.

Teknik vokal yang paling banyak dipelajari adalah teknik falsetto. Teknik tersebut adalah teknik yang sulit dalam bernyanyi. Tidak banyak cara agar suara falset sama dengan suara asli, kecuali latihan dengan teratur dengan intensitas yang tinggi.

Teknik Falsetto

Teknik falsetto dalam menyanyi adalah teknik vokal pelan yang biasanya dinyanyikan di register headvoice. Headvoice yaitu nada-nada tinggi. Register lainnya yang dikenal adalah chest voice.

Chest voice adalah nada-nada rendah seperti yang biasa kita gunakan untuk bicara sehari-hari. Pada saat menyanyi nada-nada tinggi itulah, penyanyi harus menggunakan suara falsetto jika tidak dapat mencapai nada-nada tinggi tersebut.

Dengan falsetto, penyanyi dapat tetap bernyanyi namun dengan suara yang tipis dan mendesah. Ada juga yang menyebut bahwa falsetto terjadi saat seorang penyanyi berusaha memaksakan chest voice-nya naik ke register headvoice sehingga suaranya menjadi tipis.

Untuk dapat bernyanyi dengan teknik falsetto, Anda membutuhkan latihan agar suara falset yang dihasilkan pun lebih indah dan bagus. Meskipun tidak memiliki guru vokal, Anda dapat berlatih sendiri di rumah.

Cara umum yang biasa dilakukan untuk melatih teknik falsetto adalah dengan melakukan vocalizing secara rutin. Berlatihlah membunyikan suara a-a-a-a dengan nada do-re-mi-fa secara terus menerus. Kemudian, bunyikan lagi dengan nada fa-mi-re-do. Lakukan vocalizing dengan nada yang semakin meninggi.

Setelah melakukan vocalizing, langkah berikutnya adalah dengan berlatih menyanyikan sebuah lagu dengan nada yang berbeda-beda dan semakin tinggi. Misalnya, jika Anda terbiasa menyayikan lagu ”Aku Harus Jujur” dari Kerispatih dengan nada dasar C, maka Anda dapat menaikkan nada dasar C menjadi D, F, atau G. Berlatih menyanyikan lagu dengan nada tinggi merupakan salah satu cara agar suara falset sama dengan suara asli.

Selamat mencoba.

Selanjutnya : Contoh Kasus Perusahaan Mengenai Kepuasan Kerja
Sebelumnya: Dampak Pasar Bebas Indonesia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar