Cara Aktifkan Bluetooth di Laptop Ibm


Cara aktifkan bluetooth di laptop ibm ternyata sangat mudah tetapi banyak orang masih belum mengetahuinya. Dengan menghidupkan bluetooth maka bisa menukar informasi atau data dari perangkat lain ke laptop ibm seperti dari ponsel atau dari laptop lain yang sejenis tanpa menggunakan kabel penyambung (kabel data).

Pemakaian bluetooth dalam perangkat komputer dan telepon sangat bermanfaat dan mudah untuk diterapkan. Pada tahun 2012 terhitung 5 milyar produk elektronik yang menggunakan jasa bluetooth dengan 50 juta kali setiap hari dan 50 koneksi setiap detik. Namun kelemahan bluetooth adalah adanya jarak terbatas serta kemampuan transfer data yang rendah ketimbang menggunakan kabel.

Ada 5 perusahan besar yang mensponsori (promotor) pembentukan bluetooth yang terdiri atas IBM, Nokia, intel, Ericson dan Toshiba. Kelimanya membentuk sebuah grup bernama SIG (Special Interest Group).

Peluncuran pertama, bluetooth versi 1.0 pada bulan juli 1999. Karena IBM termasuk ke dalam ke 5 kelompok promotor, maka produksi laptop IBM memiliki aplikasi bluetoothnya. Berikut adalah cara aktifkan bluetooth di laptop ibm dengan menghubungkannya ke ponsel nokia sebagai contoh.

  1. Nyalakan bluetooth di ponsel nokia.
  2. Aktifkan bluetooth di laptop ibm. Biasanya terdapat di sudut kanan bawah dari windows laptop dengan lambang bluetoothnya.
  3. Sambungkan perangkat bluetooth nokia dengan perangkat bluetooth di laptop sampai muncul logo di sudut kanan bawah windows yang artinya bluetooth siap digunakan.
  4. Klik kanan di icon bluetooth tersebut lalu pilih menu dan pilih Add Device, kemudian akan muncul taskbar searching for a device.
  5. Tunggu beberapa saat hingga muncul nama perangkat bluetooth dari ponsel nokia. Ikuti langkah instalasinya hingga selesai.

Jika instalasi di laptop berhasil, maka pertukaran data bisa dilakukan antara ponsel dengan laptop. Cara mengirim data, misalkan dari laptop ke ponsel adalah sebagai berikut.

  1. Klik kanan pada icon bluetooth, muncul “pilih send file”. Pilih perangkat apa yang akan menrima file tersebut sesuai nama perangkat bluetooth ponsel.
  2. Klik browser dan tentukan file mana yang akan dikirim, lalu tunggu hingga proses pengiriman selesai dilakukan.

Sebaliknya bila mengirim file dari ponsel ke laptop dilakukan dengan cara sebagai berikut.

  1. Pilih alamat media yang dikirim dari ponsel yakni perangkat bluetooth di laptop
  2. Kirim atau send.
  3. Lalu klik kanan pada ikon bluetooth, pilih Receive files.
  4. Tunggu hingga proses transfer berhasil dan selesai.

Namun seperti disebutkan di atas, kelemahan bluetooth adalah tidak bisa mengirim file dalam jumlah besar dan harus dilakukan satu per satu. Tetapi jika harus menggunakan perangkat ini maka perhatikan cara aktifkan bluetooth di laptop ibm.

Selanjutnya : Kandungan Vitamin A yang Tinggi Pada Pepaya
Sebelumnya: Sekilas Mengintip Skenario Film Radit dan Jani
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar