Cara Alami Agar Pohon Mangga Berbuah


Cara alami agar pohon mangga berbuah merupakan informasi yang dibutuhkan oleh para petani mangga atau Anda yang berbudidaya mangga. Cara agar mangga mudah berbuah banyak, diperlukan oleh Anda yang memiliki tanaman mangga di pekarangan rumah atau memang menggeluti bisnis pertanian mangga.

Buah mangga banyak disukai dan mempunyai nilai ekonomis yang tinggi. Karena itu, tips supaya mangga cepat berbuah penting untuk Anda yang ingin menikmati manisnya keuntungan dari budidaya buah mangga. Anda tidak perlu khawatir, kumpulan tips menanam mangga dalam artikel ini adalah tips yang mudah untuk dipraktikkan.

Cara alami agar pohon mangga berbuah perlu memperhatikan beberapa. Di antaranya soal tanah, jarak pohon, pemupukan, dahan, daun, dan hama. Untuk menguasai cara agar mangga berbuah secara alami bisa dilakukan secara otodidak dan belajar sendiri melalui artikel di internet dan buku ataupun dengan banyak bertanya kepada penyuluh pertanian dan belajar dari petani yang berpengalaman menanam mangga. Berikut ini tips agar pohon mangga berbuah lebat yang disarikan dari berbagai sumber.

Tanah

Tingkat kebasahan tanah adalah hal penting yang harus diperhatikan, karena pohon mangga memerlukan struktur kelembapan tanah yang sedang. Tanah yang terlalu kering, menyebabkan mangga muda mudah rontok, sedangkan tanah yang terlalu basah merangsang pertumbuhan daun. Caranya adalah dengan membuat bedengan di sekitar tanaman mangga untuk sanitasi air.

Jarak

Pohon mangga lebih mudah mengeluarkan ‘bakalan kembang’ atau calon buah mangga bila pohon mangga tersebut tidak berhimpitan dengan pohon lain. Beri jarak antara pohon mangga dengan pohon lainnya.

Pemupukan

Perbanyak unsur kalium agar bakalan buah tidak mudah rontok dan unsur fosfor untuk merangsang pembungaan terpenuhi. Pemupukan cukup dilakukan minimal 2 minggu sekali dan jangan berlebihan.

Dahan dan Daun

Lakukan pemangkasan dahan dan daun yang sekiranya tidak berguna agar tidak menghambat produksi pembuahan. Karena, dahan dan daun yang terlalu rapat akan menyulitkan sirkulasi udara dan masuknya sinar matahari yang bisa merangsang produksi bakalan kembang dan buah.

Hama

Pada musim hujan, batang dan daun rawan diserang hama seperti busuk batang, bercak putih pada daun, dan kutu daun. Penanganan hama dapat dilakukan dengan alami melalui biopestisida seperti biji sirsak, daun intaran, atau daun mindi yang dihaluskan lalu direndam dalam air kemudian disemprotkan ke tanaman.

Nah, sekarang Anda bisa mempraktikkan cara alami agar pohon mangga berbuah sehingga Anda dan keluarga bisa menikmati panen buah mangga yang berlimpah. Bisa jadi, setelah berbagai percobaan, Anda menemukan tips khusus yang bisa Anda bagi kepada orang lain. Selamat panen mangga, ya!

Selanjutnya : Campuran Bubur Kacang Ijo
Sebelumnya: Cara Membunuh Virus Flu Burung
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar