Cara Alami Encerkan Dahak

Dahak merupakan kejadian umum. Dahak juga mengacu pada lendir yang disekresikan oleh selaput lendir pada saluran pernapasan. Ketika selaput lendir di tubuh Anda mencoba untuk melawan infeksi dan radang, dahak akan terbentuk.

Dahak sedikit berbeda dari lendir ingus, karena berasal dari paru-paru dan bukan dari bagian hidung. Dahak cenderung menumpuk di bagian dada dan daerah tenggorokan. Sifatnya membuat jengkel karena muncul mengikuti penyakit musiman. Maka dari itu cara alami encerkan dahak bisa dirasakan manfaatnya mengusir dahak.

Anda sebenarnya dapat memilih obat paten semacam – obat flu atau bisa juga memanfaatkan pengobatan tradisional di rumah. Pengobatan di rumah ini dapat mengencerkan dahak secara alami dan kemudian menghilangkannya dari dada.

Cara tradisional di rumah untuk mengencerkan dahak misalnya dengan memasak air hingga mendidih dan tambahkan segenggam mint dan daun eucalyptus ke dalam air. Selagi air masih mendidih, angkat dari kompor, hirup uap yang naik dari didihan air.

Cara ini akan mengendurkan hambatan yang ada di rongga sinus dan membuatnya mengusir dahak yang ada di sekitar rongga tersebut. Jika batuk berdahak nya sangat tebal, Anda mungkin mulai menderita hidung mampat. Gunakan humidifier selama malam hari. Hal ini bisa membantu Anda untuk mengurangi saluran pernafasan dari tenggorakan hingga hidung yang mampat.

Anda juga bisa menggunakan madu dan merica untuk cara alami encerkan dahak.Campur sejumput merica dan sesendok madu dan konsumsilah campuran tersebut sebanyak dua kali dalam sehari.

Cara lain yang sederhana adalah untuk memakai potongan buah lemon. Potongan buah lemon ini bisa Anda taburi dengan garam dan merica, kemudian isaplah irisan lemon tersebut. Dengan begitu, Anda akan dibantu melancarkan tenggorokan.

Ada pula cara lain, semisal membuat tonik terbuat dari jahe, bawang merah, dan gula yang juga obat rumahan yang sangat efektif untuk mengencerkan dahak. Anda setidaknya akan perlu untuk membersihkan dan mencincang halus bawang.

Tempatkan bawang cincang ini dalam mangkuk bersama dengan satu sendok teh jahe parut dan dua sendok gula. Aduk campuran dan kemudian menyimpannya selama 20 menit, hingga bisa Anda nikmati setelah campuran menyatu.

Ini karena, bawang dan bawang putih adalah beberapa senyawa yang bertindak sebagai antibiotik alami. Dan akhirnya juga dapat digunakan sebagai cara alami encerkan dahak, pun pada  pada anak-anak walau harus diakali dengan tambah rasa manis yang cukup menggiurkan bagi anak-anak.

Demikianlah cara encerkan dahak secara alami yang dapat disampaikan, semoga bermanfaat.

Loading...
Selanjutnya : Bagaimanakah Cara Hiu Tidur?
Sebelumnya: Mengenal Negara Turkmenistan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar