Cara Awet Simpan Cabe Rawit


Cara awet simpan cabe rawit bisa dikatakan gampang susah. Karena cabe sendiri tidak bisa tahan lama jika di tempat lembap. Cabe akan rusak kemudian jamuran. Jika sudah begitu, maka cabe akan hancur karena busuk.

Cara-cara yang Bisa Dilakukan

diMengawetkan cabe rawit juga bisa dengan mudah dilakukan. Hanya dengan memasukannya ke kulkas, bereslah semuanya. Tapi kadang ada yang tidak suka dengan cara itu, karena memasukan ke kulkas berarti akan membuatnya jadi tidak segar lagi. Bagi penyuka rasa pedas, segarnya cabe rawit akan menjadi prioritas utama dan pertama. Sebab cabe rawit segar akan memebrikan efek pedas yang sangat enak.

Cara membuat cabe rawit tahn lama yang lain adalah dengan membuatnya jadi manisan atau dengan merebusnya agar tidak mudah membusuk. Jadi, intinya untuk bisa mengawetkan cabe rawit bisa dengan berbagai cara.

Di antara kebanyakan orang memilih mendinginkan cabe rawit sebagai cara pertama untuk mengawetkannya. Karena dengan mendinginkan di kulkas minimal akan bisa tahan sampai beberapa hari dibanding mendinginkan di udara lembab biasa.

Cara awet simpan cabe rawit sebagaimana sudah dikemukaan di muka hanya bisa dilakukan jika jumlah cabenya tidak terlalu banyak. Namun, bagaimana jika jumlah cabe rawitnya banyak. Bukan hanya sekilo dua kilo. Tentu akan bermasalah lagi.

Kulkas yang bobotnya kecil tidak akan bisa menyimpannya. Jika hanya satu kilo mungkin bisa dibuat sambal cabe rawit secara bertahap. Tapi jika jumlahnya banyak, kita layak meniru cara awet simpan cabe rawit yang sering dilakukan petani cabe.

Para petani memiliki cara unik untuk menyimpan cabe rawit agar awet. Apalagi ketika cabe rawit sedang mengalami haarga yang anjlok. Cabe dalam jumlah besar selalu dipastikan mendapatkan angin segar dan juga tempaan sinar matahari setiap harinya.

Karena, dengan mendapatkan angin segar dan sinar matahari akan menjadikannya jauh dari lembab. Terlebih cabe rawit yang baru dipanen. Cabe yang ditumpuk dalam karung dengan jumlah besar perlu memiliki lubang udara agar sirkulasi udaranya lancar.

Itulah beberapa cara awet simpan cabe rawit. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda sekalian.

Selanjutnya : Pemanfaatan Bioteknologi di Berbagai Bidang
Sebelumnya: Produk Produk Bank Mandiri Syariah Surabaya
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar