Cara Beacukai Mencegah Penyelundupan untuk Mencegah Kerugian Negara

Cara beacukai mencegah penyelundupan sudah sering kita lihat di berbagai media. Walaupun begitu, anda baiknya Andapun mengetahui apa saja yang terkait dengan kinerja beacukai, atas pencegahannya terhadap tidak kriminal penyelundupan.

Pencegahan Penyelundupan dari Petugas Beacukai

Jika membahas mengenai cara pencegahan penyelundupan, maka hal ini sangat berhubungan dengan tugas dan fungsi dari beacukai itu sendiri, sebagai sebuah institusi. Tugas beacukai yang pertama adalah memungut pajak, berupa bea masuk. Selain digunakan untuk pengelolaan negara, proses pemungutan pajak juga berguna untuk meminimalisir penyelundupan yang terjadi di Indonesia. Tugas beacukai lainnya adalah mengawasi kegiatan ekspor dan impor barang.

Jika pengawasan dilakukan secara baik dan benar, maka tentu saja penyelundupan di Indonesia dapat dicegah. Setidaknya, angka tindak kriminal mengenai penyelundupan di Indonesia bisa dikurangi. Kabarnya, saat ini beacukai juga bisa melakukan penundaan pengiriman barang, serta membebaskan bea pajak dengan kondisi tertentu.  Pada akhirnya, cara beacukai mencegah penyelundupan memang tergantung dari kinerja aparat beacukai sendiri.

Langkah Nyata Petugas Beacukai Menangani Penyelundupan

Contohnya, karena pengawasan ekspor dan impor yang ketat, sebuah perusahaan akhirnya gagal menyelundupkan batu mulia. Rencana mereka gagal karena petugas beacukai bekerja dengan baik dan benar. Petugas beacukai memeriksa surat-surat terkait dengan pengiriman barang tersebut. Disini akan terlihat jika perusahaan tidak bisa menunjukkan surat-surat barang tersebut. Selain itu, biasanya pihak pengirim barang juga tidak bisa menjelaskan mengenai detail dan spesifikasi barang yang akan mereka kirimkan.

Kerapkali penyelundupan dilakukan untuk menghindari bea pajak pengiriman ke luar. Jika sudah terbukti bahwa barang tersebut tidak jelas dan diduga akan diselundupkan, petugas beacukai akan melakukan penyelidikan lebih lanjut. Penyelidikan lanjutan terkait dengan perusahaan yang terlibat dengan kasus penyelundupan tersebut. Cara seperti ini memang lazim digunakan oleh petugas beacukai baik di Indonesia ataupun di luar negeri.

Salah satu contohnya adalah beacukai di Cina. Petugas beacukai di Cina melakukan monitoring ketat terhadap penerbangan barang. Mereka bahkan juga secara rutin memeriksa barang bawaan yang dibawa oleh para penumpang pesawat. Faktanya, selain dilakukan oleh pihak yang terorganisir seperti perusahaan, penyelundupan juga bisa dilakukan oleh individu.

Cina sangat gencar melakukan pemeriksaan, disebabkan penyelundupan barang ilegal yang semakin marak. Melalui dua contoh tersebut Anda bisa mengetahui cara beacukai mencegah penyelundupan sehingga kerugian negara bisa diminimalisir.

Selanjutnya : Cara Bergabung dengan Toko Bagus Online dengan Mudah dan Cepat
Sebelumnya: Kejadian Lucu Balita Saat Makan dan Mandi
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...