Cara Belajar Matematika SD Kelas 1 yang Menyenangkan


Tahukah Anda cara belajar matematika SD Kelas 1 yang menyenangkan? Belajar matematika sering dianggap menyeramkan oleh anak. Kebanyakan dari mereka berusaha menghindari belajar matematika atau merasa takut saat menghadapi pelajaran berhitung ini.

Alasan terjadinya paradigma tersebut pada anak-anak dikarenan sejak awal mereka berkenalan dengan matematika, mereka merasa kesulitan sehingga matematika dianggap pelajaran yang tidak begitu menyenangkan. Akan tetapi, bila sejak duduk di kelas 1 SD mereka sudah mengenal matematika sebagai pelajaran yang menyenangkan, akan berbeda cerita.

Belajar Matematika

Ada beberapa pilihan yang bisa menjadi referensi dalam pengenalan belajar matematika bagi anak kelas 1. Berikut cara yang bisa digunakan untuk membuat pelajaran matematika menjadi menyenangkan.

1. Mengenalkan matematika dengan suasana yang ceria. Anak-anak yang baru duduk di kelas 1 usianya rata-rata 6 sampai 7 tahun. Mereka akan sangat menyenangi segala sesuatu yang sifatnya ceria dan menyenangkan.

Mengajarkan matematika dengan suasana ceria akan lebih bisa diterima anak. Misalnya, mengajarkan perhitungan dengan alat peraga buah-buahan, cokelat, dan permen. Tidak lupa juga ekspresi serta gestur pengajar pun harus ceria.

2. Menggunakan cerita anak. Anak-anak biasanya menyukai cerita. Tidak ada salahnya menyelipkan matematika di dalam cerita.

Misalnya, pengajar bercerita tentang hewan, sambil bercerita selipkan unsur matematika dan libatkan anak dalam alur cerita dengan menanyakan hitungan. Contohnya “kelinci A dan kelinci B sedang bermain dengan riang gembira. Ada berapa jumlah kelincinya? Kelinci A dan kelinci B jadi…”

3. Menggunakan tubuh anak-anak. Misalnya, pengajar meminta anak mengangkat tangan kanannya, lalu meminta mereka satu persatu menghitung ada berapa jumlah jarinya.

Bisa juga dengan meminta anak menghitung berapa jumlah bagian pada wajah, seperti hidung, mata, dan mulut. Dengan begitu, anak pun juga tidak hanya duduk diam, tetapi ikut bergerak sehingga mereka tidak merasa bosan.

Membuat pelajaran matematika menjadi menyenangkan bukanlah tugas seorang pengajar. Peran orangtua pun sangat penting. Terlebih waktu anak di rumah lebih panjang daripada di sekolah.

Orangtua bisa menyelipkan tentang matematika di sela-sela bermain bersama anak, mengobrol, dan berbagai kegiatan yang melibatkan anak dan orangtua. Cara belajar matematika SD kelas 1 yang menyenangkan bisa didapatkan anak, baik di sekolah maupun di rumah.

Semoga informasi dalam artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Selanjutnya : Produk Inovatif dari Jepang untuk Kecantikan
Sebelumnya: Mencermati Cabang Ilmu Matematika
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar