Cara Beriman Iman Kepada Allah


Cara beriman iman kepada Allah merupakan rukun iman yang pertama. Pengertian iman kepada Allah yaitu manusia sebagai makhluk ciptaan Allah meyakini Allah sebagai Tuhan semesta alam dan satu-satunya Tuhan yang patut disembah dan dimintai pertolongan. Cara beriman dan bertakwa kepada Allah SWT juga dengan meyakini kebenaran dan keberadaan para malaikat Allah, kitab-kitab Allah, nabi dan rasul, hari akhir, serta Qadha dan Qadar Allah. Cara mengamalkan iman kepada Allah tidak hanya dengan mengucapkannya dalam hati atau secara lisan, melainkan harus diikuti dengan tindakan nyata.

Cara Beriman kepada Allah

Cara beriman bagi umat Islam menurut filosofi Ibnu Rusyd dapat dilakukan dengan cara membuktikan adanya Allah: 1) The Proof of Creation atau “Dalil Al-Ikhtira” yakni dengan memahami penciptaan makhluk hidup, meskipun telah ada teknologi kloning, namun manusia tidak pernah bisa memberikan nyawa kepada makhluk yang diciptakan atau menghidupkan manusia yang sudah mati atau mencegah kematian. Kesimpulannya, manusia tidak mungkin mampu membuat atau menciptakan makhluk sekecil apapun; 2) The Proof of Providence atau “Dalil Al’Inayah” yakni dengan memahami keteraturan fenomena alam seperti matahari yang secara teratur terbit di timur dan tenggelam di barat dan dengan memahami kesempurnaan struktur susunan alam semesta, contohnya galaksi dan planet di alam semesta ini.

Keimanan kepada Allah itu sendiri sesungguhnya merupakan fitrah manusia. Bahkan manusia di zaman jahiliyah pun mengenal Sang Pencipta dan Pengatur Alam Semesta dan mendekatkan diri kepada Allah dengan cara menyembah berhala. Di tengah berbagai isu modernisasi dan pengkultusan kepada ilmu pengetahuan, Alquran sesungguhnya telah membahas dengan begitu detail tentang penciptaan langit dan bumi, kejadian manusia dan alam semesta, pergantian siang dan malam, dan segala yang diciptakan Allah SWT. Cara beriman kepada Allah di dalam Alquran menjelaskan bahwa manusia perlu memikirkan eksistensinya karena manusia sebagai salah satu ciptaan Allah seperti sabda Nabi Muhammad SAW: ”Barangsiapa mengenali dirinya, maka ia akan mengenal Tuhannya”.

Bentuk Iman kepada Allah

Contoh Beriman Kepada Allah adalah dengan mengerjakan segala perintahnya dan menjauhi segala larangannya melalui pengamalan seperti yang tertuang di dalam Rukun Islam, yaitu mengucapkan dua kalimat syahadat, mengerjakan shalat lima waktu sehari semalam, berpuasa pada bulan Ramadan, menunaikan zakat, dan melaksanakan ibadah haji bagi yang mampu.

Cara Beriman Iman Kepada Allah merupakan bentuk ketakwaan seluruh umat manusia yang mempercayai dan mengakui Allah. Bukti keimanan seorang Muslim adalah dengan mengerjakan salat lima waktu yang merupakan pembeda antara seorang Mukmin/Muslim dan kafir. Mari selalu tunaikan salat. Semoga artikel ini semakin memperteguh keimanan Anda kepada Allah SWT.

Selanjutnya : Berapa Penumpang Terbanyak Kapal?
Sebelumnya: Uang Jasa Potret Fotografer ?
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar