Vegetatif, Cara Berkembang Biak pada Tumbuhan dan Contoh Reproduksinya


Salah satu cara tumbuhan berkembang-biak adalah dengan cara vegetatif. Reproduksi vegetatif dapat dilakukan tanpa adanya penyatuan antara sel kelamin jantan dan sel kelamin betina atau yang dikenal juga dengan istilah ”aseksual”. Dalam tulisan ini akan dibahas secara sekilas mengenai vegetatif yang merupakan salah satu cara berkembang biak pada tumbuhan dan contoh reproduksinya.

Reproduksi yang dilakukan dengan cara vegetatif dilakukan oleh hewan maupun tumbuhan dan bisa terjadi secara alami maupun buatan. Pada tumbuhan, pembiakan vegetatif dapat dibagi menjadi beberapa macam cara, diantaranya adalah umbi batang, umbi lapis, umbi akar, geragih atau stolon, rizoma atau akar tinggal, tunas, dan tunas adventif.

Tumbuhan yang berkembang biak secara vegetatif dengan cara umbi batang misalnya adalah bengkoang dan bawang, umbi lapis contohnya adalah bawang merah dan bawang putih, umbi akar contohnya adalah wortel atau singkong, geragih atau stolon misalnya rumput teki dan stroberi.

Lengkuas, jahe, dan kunyit adalah contoh tumbuhan yang berkembang biak vegetatif dengan cara rizoma atau akar tinggal. Adapun contoh tumbuhan yang melakukan pembiakan vegetatif melalui tunas adalah pisang, bambu, dan tebu, serta cocor bebek yang berkembang biak dengan tunas adventif.

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, pembiakan dengan vegetatif dapat terjadi secara alami maupun dilakukan dengan cara buatan. Reproduksi vegetatif buatan biasanya dilakukan dalam pertanian untuk memperoleh hasil produksi tumbuhan yang maksimal.

Adapun teknik untuk melakukan pembiakan vegetatif buatan pada tumbuhan ada bermacam-macam. Salah satu contohnya adalah dengan cara stek yang dilakukan dengan menanam bagian tertentu pada tumbuhan secara langsung atau tanpa harus menunggu pertumbuhan akar baru pada tanaman tersebut. Stek sendiri ada beberapa macam, antara lain stek batang, stek daun, dan stek akar.

Selain stek, masih ada beberapa teknik lainnya untuk reproduksi vegetatif buatan pada tumbuhan, yaitu pemisahan anakan atau tillering, perundukan, cangkok, penyambungan, okulasi, dan lain-lain. Demikian ulasan singkat mengenai vegetatif sebagai salah satu cara berkembang biak pada tumbuhan dan contoh reproduksinya. Semoga beguna dan menambah pengetahuan.

Selanjutnya : Contoh Proposal dengan Metode Kualitatif dalam Proposal
Sebelumnya: Kenali Tanda-tanda Ginjal Kering
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar