Cara Bermain Rubik 4×4

 

Walau bagi sebagian orang cara bermain rubik 4×4 itu sangat mudah dan dalam hitungan detik, bagi sebagian yang lain, rubik 4×4 ini tetap sulit. Paling mereka bisa menyusun satu bagian saja. Sedangkan bagian yang lain, tetap tidak bisa tersusun rapi. Orang yang tidak bisa menyusun rubik dengan benar itu, biasanya karena tidak menggunakan rumus. Padahal rubik diciptakan dengan mekanisme matematika yang sangat teliti sehingga sebenarnya harus bisa dipecahkan dengan rumus-rumus tertentu pula.

Tetap Menarik dan Menantang

Bentuk rubik telah berevolusi dalam berbagai bentuk, warna, dan gambar. Awalnya hanya dengan menggunakan bujur sangkar kecil-kecil dengan beberapa warna yang dibentuk seperti kubus. Kini rubik hadir dengan gambar animasi dan gambar menarik lainnya. Beberapa orang malah mengoleksi beberapa jenis rubik.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat bagian tengah rubik berbentuk L. Kalau titik tengah ini sudah bisa dilakukan, teknik berikutnya menyamakan warna pada tepian rubik. Jangan berlanjut dahulu kalau belum menemukan titik tengah dan membuat warna rubik berbentuk L. Berlatih dahulu saja hingga menemukan kecepatan yang diinginkan.

Bagi yang sangat mudah menghapalkan rumusnya, tidak menjadi masalah. Tetapi bagi yang belum hapal, jangan putus asa. Selain rumus tengah, ada lagi rumus yang membuat tanda + dengan bagian tengah warna yang berbeda. Tengah putih, pinggirnya warna kuning. Setelah itu upayakan untuk membentuk huruf T dengan warna yang sama semuanya.

Langkah berikutnya adalah berusaha membuat bagian denganhuruf L berada di area pinggir. Perhatikan warna yang lain apakah mempunyai bentuk huruf yang sama. Perlu diingat bahwa langkah-langkah ini untuk menyelesaikan semua bagian rubik dan bukan hanya satu bagian saja.

Trik Berikutnya

Trik yang lain yang bisa dicoba adalah dengan mengetahui warna yang berlawanan sehingga bisa membuat titik tengah rubik berbentuk bujur sangkar. Warna berlawanan atau pasangan warna ini adalah merah dan orange, putih dan kuning, hijau dan biru. Pasangan warna ini harus dihapal.

Susunan tepi rubik itu harusnya tiap sudut warna sama. Bagian tengah warna sama dengan tepi sudut. Sedangkan bagian tengah pinggir diwakili 2 kotak mempunyai keempat warna dalam rubik. Kalau sudah tahu cara bermain rubik 4×4 dengan membentuk warna tersebut, langkah selanjutnya lebih mudah.

Loading...
Selanjutnya : Contoh Karya Tulis Ilmiah Manajemen Berbasis Masyarakat di Pesantren
Sebelumnya: Contoh Karya Ilmiah tentang Novel Bahasa Indonesia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar