Cara Berpidato Bahasa Inggris yang Baik Saat Lomba


Bagaimanakah cara berpidato bahasa Inggris yang baik saat lomba? Berikut ini beberapa tips bagi kamu yang akan menghadapi lomba pidato bahasa Inggris.

Sebelum berlomba, persiapkan naskah pidato yang akan gunakan pada saat lomba dengan baik. Sebaiknya, kamu meminta bantuan kepada guru bahasa Inggris di sekolah ataupun di tempat les bahasa Inggris yang kamu ikuti. Atau lebih baik lagi jika kamu memiliki kenalan seseorang penutur asli bahasa Inggris. Tentunya orang tersebut lebih memahami bahasa Inggris lebih baik.

Biasanya, tema dalam lomba pidato telah ditentukan oleh panitia dan terdapat beberapa pilihan tema. Pilihlah tema yang paling kamu sukai dan kuasai. Memilih tema yang kamu sukai dan kuasai akan memudahkan kamu dalam menulis naskah pidato kamu serta memudahkan kamu pada saat membacakan naskah pidato tersebut.

Setelah naskah pidato selesai dibuat, mulailah hafalkan naskah pidato tersebut. Jika waktu tidak memungkinkan untuk menghafalkan semua isi naskah yang sudah kamu buat, kamu bisa membuat kata kunci penting yang dapat memudahkan kamu mengingat isi naskah pidato. Akan lebih mudah menghafalkan kata kunci daripada menghafalkan seluruh isi naskah pidato.

Sebagai tambahan, sebaiknya kamu juga mencari informasi-informasi yang berkaitan dengan tema pidato yang kamu buat. Informasi-informasi tambahan itu bisa berguna jika kamu lupa pada isi naskah pidatomu.

Setelah persiapan membuat naskah pidato selesai, sekarang waktunya melatih gaya berpidato kamu. Gaya berpidato disesuaikan dengan tema pidato yang kamu pilih. Pidato merupakan pengungkapan pikiran dengan kata-kata yang ditujukan kepada orang banyak. Oleh karena itu, dalam berpidato suara harus jelas dan pengucapan kata-kata harus tegas agar isi pidato dapat tersampaikan dengan baik.

Untuk hasil yang maksimal, berlatihlah berpidato di depan cermin. Saat berpidato di depan cermin, amatilah ekspresi wajah kamu sendiri. Kamu bisa melihat apakah ekspresi yang kamu tunjukkan sudat tepat atau belum. Jika masih belum tepat, teruslah berlatih berpidato di depan cermin sampai kamu yakin bahwa ekspresimu sudah tepat. Berlatih berpidato di depan anggota keluarga ataupun teman juga bisa sangat membantu. Kamu bisa berlatih untuk tidak merasa gugup ketika berbicara di depan orang.

Sekarang, saatnya kamu mengikuti lomba pidato. Ingat! Pertahankan kontak mata dengan juri dan penonton pada saat kamu berpidato. Kontak mata dengan juri dan penonton akan memberikan kesan bahwa kamu percaya diri dan menguasai naskah pidatomu.

Semoga tips-tips mengenai cara berpidato bahasa Inggris yang baik saat lomba di atas bisa membantu kamu. Selamat berlomba!

Selanjutnya : Memahami Apa Arti Kata Autis
Sebelumnya: Cara Balikan Sama Mantan sudah Lama Hilang yang Sulit Terlupakan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar