Cara Bersikap Sopan Santun


Cara bersikap sopan santun sebenarnya bukanlah hal yang sulit. Apalagi, indahnya sopan santun telah diajarkan secara turun temurun dan juga sudah membudaya. Siapa orang yang tidak senang diperlakukan secara sopan santun? Orang gila pun ingin agar diperlakukan secara sopan santun.

Meski begitu, ilmu sopan santun yang beredar di masyarakat tidak tertulis secara pasti. Di mana pun dan kapan pun,  yang namanya sopan santun akan selalu disukai oleh orang.

Karena, cenderungnya manusia suka jika diperlakukan dengan baik. Namun begitu, sopan santun yang ada di masyarakat tentu berbeda standarnya. Jika di Jawa Tengah, salah satu bentuk sopan santun adalah dengan membungkuk ketika hendak lewat di depan orang yang sedang duduk ataupun jongkok.

Namun, di daerah lain sangat berbeda. Akan tetapi, pada intinya sopan santun adalah bentuk penghormatan untuk orang lain.

Sopan Santun

Cara bersikap sopan santun, selama niatnya untuk menghormati yang lebih tua dan sesama boleh-boleh saja. Ajaran sopan santun juga menjadi pokok pembahasan inti bagi para orrang tua. Di mana, sopan santun adalah bekal dalam kehidupan.

Banyak orang tua merasa sedih ketika sang anak tidak tahu sopan santun. Dan, banyak orang tua merasakan susah berkepanjangan saat anaknya tidak mau bersikap sopan santun kepada orang tua yang sudah melahirkan dan membesarkannya.

Agama  yang ada di muka bumi ini juga memerintahkan umatnya untuk berbuat sopan santun. Apalagi, agama Islam yang dengan keras mengharamkan perbuatan dzalim.

Makanya, setiap kedzaliman akan berujung pada dosa serta ancaman dari Allah subhanahu wata’ala. Senang bersopan santun adalah hal yang baik. Meski kadang di beberapa daerah, terlebih para muda mengatakan kuno bahkan norak. Semua itu karena mereka sudah terkena virus budaya asing yang tidak tahu apa itu makna sopan santun.

Cara bersikap sopan santun yang paling benar adalah sesuai dengan perintah Allah dan Rasul-Nya. Di mana, sopan santun yang sesuai dengan perintah keduanya akan berujung kepada pengaruh yang baik. Akhirnya, semoga artikel singkat ini bermanfaat untuk Anda sekalian serta menguatkan tekad untuk lebih bersopan santun di dalam kehidupan.

Selanjutnya : Tips Anak Agar Tidak Merasa Menang Sendiri
Sebelumnya: Libur Makin Mantap dengan Menginap di Pisita Anyer Resort
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar