Cara Bertanam Sayuran Organik


Cara bertanam sayuran organik sangatlah mudah. Bahkan, tidak perlu lahan yang luas hingga berhektar-hektar. Menanam tanaman sayuran organik bisa dilakukan dengan media minimalis seperti pot, drum, atau tong dan semisalnya. Di mana, semua itu bisa dilakukan di sekitar rumah Anda.

Untuk bertanam di pot misalnya, bisa disimpan di depan rumah, samping, bahkan belakang rumah. Sayuran kangkung organik dan juga beraneka sayuran yang organik lainnya kini memang semakin digemari.

Mungkin karena penggunaan kimia yang nol. Sehingga, menyehatkan dan lebih bermanfaat bagi tubuh. Di kota besar seperti Jakarta dan semisalnya, sayuran organik bahkan dipakai untuk bahan makanan di hotel-hotel.

Mereka membeli tanaman itu dari para petani organik atau dari anak-anak SMK yang sedang praktik bertanam sayuran organik. Sayuran organik dalam pot adalah solusi bagi Anda. Di mana, Anda bisa menyediakan tempat yang minim. Dan, juga sedikit waktu untuk merawatnya. Itu pun tidak setiap hari tentunya.

Bertanam Sayuran Organik

Cara bertanam sayuran organik hanya butuh tanah organik atau yang belum terkena kimia, pupuk, dan bibit sayuran. Semua itu bisa dibeli dengan mudah di toko pupuk atau bisa juga dengan membuat sendiri.

Pertama, siapkan pot atau drum kemudian beri tanah secukupnya, lalu diamkan. Pastikan pot atau drum memiliki lubang untuk sirkulasi udara pada tanah agar tanah tidak lembap. Kemudian, buatlah bakteri pupuk. Jika Anda tidak ingin repot, bisa beli pupuk organik di toko pupuk.

Adapun bahan pembuatan bakteri pupuk organik adalah buah-buahan yang sudah matang sebanyak 5 kg dan gula pasir atau tetes tebu. Cara pembuatannya adalah buah-buahan ditumbuk sampai menajdi bubur. Kemudian, disaring sari atau airnya.

Lalu, berilah tetes tebu atau gula pasir. Diamkan selama dua minggu tanpa terkena sinar matahari. Dan setelahnya, pupuk organik siap untuk digunakan. Setelah pupuk organik jadi, Anda sudah siap untuk bertanam sayuran dengan cara organik.

Demikianlah artikel mengenai bertanam sayuran organik. Semoga artikel ringkas ini bermanfaat serta dapat menambah wawasan Anda yang sedang ingin bertanam sayuran organik.

Selanjutnya : Dua Jenis Bakteri Pembusukan Makanan
Sebelumnya: Membuat Agar-Agar untuk Anak Usia 1 Tahun
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar