Bagaimana Cara Bikin Surat Hibah?


Mengapa cara bikin surat hibah harus dipelajari. Ada beberapa alasan mengapa surat hibah harus dibuat. Salah satunya adalah berkaitan dengan pemberian sejumlah harta dengan nilai yang cukup besar dari orangtua kepada anak-anaknya. Perlu diketahui bahwa ketika orangtua masih hidup, harta yang dibagikan itu bukan warisan walaupun hartanya sama. Dikatakan warisan kalau orangtua sudah meninggal dunia.

Selain itu, ada anak-anak yang tidak berhak atas warisan orangtuanya karena ia terlahir bukan dalam pernikahan yang halal. Anak hasil perzinaan tidak mempunyai hak mendapatkan warisan dari ayah kandungnya. Biasanya kalau sang ayah mempunyai harta yang banyak, ia akan menghibahkan beberapa harta kepada anak tersebut selagi ia masih hidup.

Demi menjaga agar tidak terjadi masalah dikemudian hari, maka surat hibah perlu dibuat dengan disaksikan oleh notaris. Anak-anak yang lain pun perlu mengetahui hal ini. Semua ini demi menjaga keharmonisan keluarga. Akan sangat mengerikan bila terjadi ‘perang saudara’ dikarenakan perebutan harta warisan.

Teknis Pembuatan Surat Hibah

Cara membuat surat hibah ini cukup mudah. Surat ini sama dengan surat pernyataan biasa. Ada nama orang yang menghibahkan harta, alamat, usia, pekerjaan. Lalu ada nama yang menerima hibah, alamat, usia, pekerjaan. Dalam surat itu pun disebutkan nama atau jumlah harta yang dihibahkan. Di akhir surat hibah, ada pernyataan bahwa surat tersebut dibuat tanpa paksaan dari pihak mana pun.

Selanjutnya ditandatangani oleh yang memberi hibah dan yang menerima hibah. Ada juga yang memberikan ruang kepada para saksi untuk menandatangani surat hibah tersebut. Minimal ada dua orang saksi laki-laki. Sebaiknya saksi adalah saudara kandung atau keluarga terdekat yang mengetahui masalah pemberian hibah itu dengan sangat baik. Hal ini demi menjaga kesalahpahaman dikemudian hari.

Akan lebih baik lagi kalau pembuatan surat hibah ini disaksikan juga oleh pihak notaris. Dengan demikian, surat hibah itu mempunyai kekuatan hukum. Tidak lupa juga diberi materai 6000.

Memang ada biaya yang harus dikeluarkan bila ke notaris. Bagi yang tidak mempunyai biaya, biasanya cara bikin surat hibah pun dibuat lebih sederhana. Surat dibuat didepan orang yang dituakan di kampung dan disaksikan oleh anggota keluarga lainnya.
Semoga bermanfaat!

Selanjutnya : Apa yang Dilakukan Setelah Menikah?
Sebelumnya: Puisi Kehilangan Sosok Adik
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar