Cara Bikin Urap yang Sedap dan Lezat


Urap sering kali cepat basi. Padahal masakan satu ini cukup bagus untuk tubuh. Apalagi bagi yang sedang menjalani diet menurunkan berat badan. Makan urap tentunya sanagt baik agar menjaga tubuh tetap terasa segar. Bagaimana cara bikin urap tidak cepat basi sehingga urap terasa sedap mantap.

Bikin Urap Tetap Segar

Cara yang paling mudah untuk membuat urap tetap segar adalah tidak mencampur bumbu urap yang telah dikukus dengan ragam sayuran yang telah direbus kalau belum akan dimakan. Walaupun bumbu yang sudah dicampur dengan kelapa muda parut itu sudah dikukus, terkadang bumbu itu tetap mudah asam dan berbau basi kalau langsung dicampur dengan sayuran.

Jenis sayuran yang dipakai pun mempunyai andil yang cukup besar membuat urap cepat berbau basi. Misalnya, tauge atau kecambah. Ada baiknya tidak mencampur sayuran yang dipakai untuk urap sebelum diramu. Pisahkan saja sayuran tersebut seperti gaya penjual pecel atau penjual lotek menyusun sayuran untuk pecel atau loteknya.

Sayuran untuk Urap

Sayuran yang biasa digunakan untuk campuran urap itu adalah kacang panjang, kenikir, kangkung, daun singkong, genjer, tauge atau kecambah, kol merah dan kol putih, buncis, dan wortel. Kembang turi terkadang ditambahkan. Rasanya yang pahit kenyal itu membuat urap menjadi kian terasa merangsang untuk dilahap. Memang tidak banyak yang tahu mengenai kembang turi ini. Pohonnya biasanya dijadikan tanaman peneduh di tepi jalan. Buahnya seperti kacang panjang menjulur.

Timun terkadang ditambahkan untuk menambah kesegaran urap. Tapi timun tidak segera dicampurkan karena ditakutkan airnya akan membuat urap menjadi terlalu lembek dan berair. Agar urap tetap higenis, saat mencampur bumbu dengan sayur, sebaiknya tangan dilapisi dengan sarung tangan plastik transparan. Hal ini mencegah adanya bakteri jahat yang mungkin ada di tangan.

Bumbu Urap

Bumbu untu urap biasanya adalah kelapa muda parut, kencur, bawang merah, bawang putih, daun jeruk purut, garam secukupnya, gula merah secukupnya. Kalau ingin sedikit pedas, bisa ditambahkan cabe merah dan bukan cabe rawit. Rasa dan bau cabe rawit dan cabe merah keriting itu akan mempengaruhi rasa dan bau urap. Bumbu yang pas akan membuat cara bikin urap sedap mantap kian terasa ‘joss’.

Selamat mencoba!

Selanjutnya : Sejarah Firaun pada Masa Nabi Musa
Sebelumnya: Puisi Kekecewaan Karena Tidak Dianggap
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar