Cara Billiard yang Mudah dan Praktis


Cara billiard. Billiard merupakan jenis permainan yang awalnya dimainkan oleh kalangan atas di Eropa. Akan tetapi, permainan ini semakin banyak diminati oleh berbagai kalangan masyarakat di Indonesia, dari kalangan atas sampai rakyat kecil.

Cara Billiard

Apalagi, semenjak permainan billiard ini mendapat perhatian dari dinas olahraga dengan memperkenalkan billiard dengan berbagai macam kompetisi dan kejuaraan. Oleh karena itu, dalam artikel ini akan diperkenalkan cara billiard yang mudah dan praktis bagi Anda yang ingin mempelajari teknik-teknik dari permainan billiard.

Pada dasarnya, teknik bermain dalam permainan billiard terdiri atas empat jenis pukulan, yaitu stop shoot, draw shoot, follow shoot, dan spin shoot. Untuk melakukan pukulan jenis stop shoot, titik master stik ditempatkan pada titik tengah bola putih dan posisi bola harus sejajar dengan bola sasaran.

Untuk jenis draw shoot, titik master stik sedikiti diletakkan di bawah bola putih. Selain itu, untuk jenis follow shoot, cara memukul bola putih dilakukan dengan sedikit ke atas. Untuk jenis pukulan terakhir, yaitu spin shoot dilakukan dengan cara meletakkan master stik di kiri atau kanan.

Untuk lebih membantu dalam memainkan billiard, berikut beberapa cara bermain billiard yang baik dan benar, di antaranya sebagai berikut.

1. Selalu fokus dalam bermain, terutama ketika akan menyodok bola agar mendapatkan ketepatan dalam memukul bola sasaran.

2. Kuda-kuda tangan atau bridge harus selalu kuat, karena jika goyah akan menyebabkan pukulan bola putih menjadi jauh dari sasaran.

3. Selain kuda-kuda tangan, posisi kaki pun harus seimbang.

4. Usahakan bola dan ujung stik membentuk semacam kurva. Gunakan kapur untuk menghaluskan ujung stik sebelum melakukan eksekusi agar dapat menghindari kesalahan sasaran.

5. Dalam menyodok bola putih, perhatikan kekuatan pukulan, jangan sampai terlalu keras  dan juga terlalu ringan.

6. Jangan menggoyahkan stik ke samping tetapi goyangkan stik lurus dan sejajar dengan titik kotak, baru hal itu bisa digeser pada titik pukul.

7. Terakhir, selalu rajin berlatih terutama pada jenis–jenis pukulan yang sulit untuk dilakukan.

Demikian sedikit informasi mengenai cara billiard yang mudah dan praktis. Cobalah  menikmati setiap permainan billiard untuk menghilangkan rasa stres Anda.

Selanjutnya : Aneka Kerajinan Tangan dari Bahan Sendal Jepit
Sebelumnya: Bagaimana Pengaruh Blackberry Terhadap Prestasi Siswa?
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar