Cara Browsing yang Efektif dan Efisien


Memanfaatkan waktu dengan baik itu sangat penting. Tetapi terkadang ada hal-hal tertentu yang malah menghambat pemanfaatan waktu itu. Salah satunya adalah ketika sedang mencari informasi tertentu di internet. Sering kali apa yang dicari sangat sulit ditemukan. Bahkan mesin pencari seperti Google pun terkadang malah terlihat tidak berdaya. Untuk itu, cara browsing yang efektif dan efisien sangat penting diketahui.

Menggunakan Browser Tepat dan Cepat

Satu hal yang akan membuat browsing menjadi efektif dan efisien adalah dengan menggunakan browser yang tepat dan cepat. Browser yang paling banyak dipakai saat ini adalah Mozilla Firefox, Google Chrome, Opera, Internet Explorer, dan lain-lain. Pilih browser yang paling tepat dengan kondisi dan situasi yang dihadapi.

Setelah mendapatkan browser yang tepat, gunakan kata kunci yang pas. Kadang kata kunci yang dituliskan di mesin pencari tidak tepat sehingga apa yang dicari tidak didapatkan. Kata kunci tidak harus pendek. Tuliskan saja kata kunci dengan kalimat yang panjang agar lebih umum. Selanjutnya, pilih situs yang kira-kira memuat informasi yang dibutuhkan.

Bisa juga dengan menggunakan URL yang biasa dipakai kalau mencari informasi yang sama. Yang paling penting lagi adalah tahu apa yang sedang dicari dan tidak terlena dengan informasi lain yang tidak penting. Misalnya, berita tentang artis yang hanya sekadar ‘spam news’ alias berita sampah yang tidak bermanfaat.

Situs Referensi

Kalau mempunyai situs rujukan atau situs referensi yang baik seperti Anneahira.com atau Bimbingan.org, waktu pencarian mungkin akan lebih cepat. Hal ini juga akan menghindarkan diri dari situs yang kurang baik. Di situs Anneahira.com dan Bimbingan.org itu ada begitu banyak informasi yang bisa dicari dengan cara sangat mudah. Iklan yang ada di situs rujukan ini biasanya tidak mengandung pornografi sehingga mata terhindar dari melihat gambar-gambar yang tdiak baik.

Kalau sudah mendapatkan yang dicari, segeralah simpan informasi itu atau segera dibaca agar waktu tidak banyak terbuang hanya untuk browsing. Dengan mengetahui cara browsing yang efektif dan efisien, pengerjaan tugas bisa lebih cepat dan tepat dengan struktur yang bagus.

Selanjutnya : Sejarah Gunung Slamet
Sebelumnya: Puisi Kesedihan Hidup
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar