Cara Buat Antena Yagi


Orang yang berjasa memberikan rumusan cara buat antena Yagi adalah Hidetsugu Yagi dan Shintaro Uda. Tidak diketahui, mengapa tidak diberi nama antena Yagi Uda. Antena ini biasanya dibuat agar mendapatkan sinyal lebih baik. Sinyal yang bisa dikuatkan dengan menggunakan antena Yagi adalah sinyal UHF dan sinyal wifi atau sinyal internet.

Orang-orang yang senang mencari sinyal gratisan dari hotspot yang ada di sekitarnya, biasanya menggunakan antena ini. Mungkin, fungsinya sama dengan antena lain, termasuk antena yang dibuat dari kuali yang beberapa tahun lalu sempat menjadi bahan pembicaraan.

Bentuk antena Yagi ini sebenarnya cukup sederhana, hanya seperti deretan batang-batang aluminium. Persis seperti antena TV yang pada zaman orde baru banyak digunakan masyarakat Indonesia.

Bahan-bahan Pembuat Antena Yagi

Bahan yang digunakan untuk membuat antena Yagi tidak sulit dijumpai. Di antara bahan-bahannya adalah aluminium, kawat, isolator transistor, kabel coaxial, klem, dan lem. Alat yang digunakan untuk merangkai bahan-bahan tersebut adalah bor untuk melubangi bahan, solder untuk menyambung, gergaji besi untuk memotong bahan, serta tang untuk menekuk atau membengkokkan bahan.

Bahan-bahan ini bisa diperoleh di toko alat-alat listrik. Bahkan, terkadang kalau tidak mau repot, toko seperti itu malah menjual antena Yagi. Harganya memang agak mahal, hampir Rp.300 ribu.

Bentuknya seperti moncong ikan gergaji. Moncong dengan gerigi yang menghadap ke sasaran tembak. Membuat antena ini sendiri, mungkin bisa dicoba.

Kegunaan antena Yagi ini juga bisa untuk menangkap sinyal wifi dan GSM sehingga modem pun akan semakin berfungsi dengan sangat baik. Internet pun akan lancar. Jadi, tidak rugi mencoba membuat antena ini sendiri.

Langkah Membuat Antena Yagi

Langkah-langkah yang dilakukan adalah pertama siapkan batang aluminium sepanjang 2 cm. Ke dua, jangan lupa kawat kuningan untuk menyambung. Ke tiga, siapkan kotak penyambung coaxial.

Ke empat, buatlah antena seperti gerigi dengan panjang sesuai kebutuhan. Susun batang aluminium di sebuah batang dan sambungkan ke kotak coaxial dengan kawat. Susunan seperti ini biasanya untuk antena CDMA.

Sedangkan untuk menguatkan sinyal GSM, bentuknya seperti kumparan. Lilitkan saja ke modem. Kumparan induksi ini akan bisa membuat sinyal makin kuat. Cara buat antena Yagi tidak sesulit yang dibayangkan, bukan? Selamat mencoba!

Selanjutnya : Dampak Operasi ESWL Sebagai Alternatif Penyembuhan Penyakit Batu Ginjal
Sebelumnya: Efek Samping Akibat Dilakukan Kemoterapi
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar