Cara Buat Software Sederhana


Cara buat software sederhana semakin diminati. Hal ini karena semakin banyak orang yang ingin mendapatkan kemudahan dalam melakukan kegiatannya. Apalagi setelah mengetahui bahwa software yang bagus bisa dijual dengan harga yang cukup menggiurkan. Padahal cara membuatnya tidak terlalu rumit. Bahkan hanya dengan menggunakan program Excel saja, satu software sederhana bisa dibuat. Apalagi kalau tahu bagaimana menggunakan Winrar. Semakin banyak software yang bisa dibuat.

Membuat Software Parkir dan Software Absen

Perparkiran telah menjadi salah satu bisnis yang sangat menggiurkan. Bagaimana sebuah palang pintu masuk sebuah perpakiran yang tidak dijaga oleh tukang parkir bisa terbuka dengan sendirinya setelah pengendara motor atau mobil mengambil tiket parkir. Bagaimana petugas parkir mengetahui apakah sebuah nomor kendaraan merupakan kendaraan yang memiliki parkir berlangganan atau tidak.

Kode-kode yang digunakan dibuat sedemikian rupa dengan menggunakan software buatan sendiri. Hal pertama yang harus diketahui adalah program visual basic 6.0. Kedua, memahami database MSAccess, MSSQL atau MySQL. Setelah itu tinggal membuat akses bagi CCTV bila diperlukan. Sistem barcode pun bisa dipakai dengan menggunakan software khusus untuk parkir.

Sedangkan software untuk absensi biasanya tidak terlalu berbeda dengan software untuk parkir. Software ini pun memungkinkan penggunaan barcode. Sistem barcode ini sangat efektif dalam perhitungan angka yang dibutuhkan. Software dengan menggunakan PHP ini sudah terbukti bagus. Pembuatan query membuat semua data bisa dilihat dengan mudah dan akurat.

Membeli Software atau Menjual Software

Kalau tidak mau repot, tinggal membeli software yang dikehendaki. Jika masih ingin berusaha, membuat software sederhana bisa dipelajari. Misalnya membuat software portable yang akan memberikan ruang yang lebih luas kepada komputer dalam menggunakan memorinya. Caranya adalah mengekstrak program yang dianggap cukup banyak memakai memori.

Ekstrak program ini dengan menggunakan Winrar. Selanjutnya mengikuti langkah yang ada di Winrar dan menyediakan tempat program yang telah diekstrak di drive C. Cara buat software sederhana ini memang terlihat agak rumit. Tetapi kalau sudah terbiasa malah akan ketagihan. Keinginan untuk mempermudah sebuah sistem akan berbuah software baru.

Selanjutnya : Sejarah Hacker
Sebelumnya: Faedah Mendengar Aktif
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar