Cara Buat Ulat Umpan Ikan

Cara buat ulat umpan ikan memang bermacam-macam caranya. Biasanya hal ini tergantung kebiasaan maupun kondisi alam yang ada. Kebiasaan biasanya terkait dengan pengalaman para orang tua atau pendahulu mereka.

Jadi, mereka tinggal mengikuti atau meneruskan apa-apa yang dikerjakan oleh orang tua mereka. Sedangkan kondisi alam tentu saja terkait dengan kondisi dimana pembuat umpan itu tinggal dan menetap. Mereka berusaha semaksimal mungkin memanfaatkan apa-apa yang ada di sekitar mereka.

Salah satu ikan yang sering dijadikan sasaran pancing ialah ikan mujair, Ikan air tawar berbentuk pipih dan berwarna hitam, coklat atau abu-abu.  Rasanya yang enak dan gurih membuat ikan ini banyak disukai. Apalagi untuk memancingnya  cukup mudah karena mujair tergolong ikan yang rakus dan  siap menyantap apa saja yang ada di hadapannya.

Umpan yang biasa dipakai dibuat dari bahan-bahan tertentu. Bahan campuran beberapa jenis tepung ditambah lumut sawah yang diolah sedemikian rupa sehingga menghasilkan sebuah ramuan umpan ikan yang cukup jitu.

Bisa juga menggunakan ulat yang biasa berada di tempat penyimpanan beras atau pada tanaman buah seperti belimbing, manga, jambu dan sebagainya. Atau ulat hongkong, pakan burung yang juga ternyata sangat disukai oleh ikan. Tak ketinggalan ada umpan  cacing. Cacing merah, cacing susu, cacing kristal atau cacing kalung adalah nama-nama jenis cacing yang akrab dipakai pemacing.

Cara Memasang Umpan

Untuk memasang umpan diperlukan tekhnik-tekhnik tertentu agar umpan yang dipasang tidak lepas serta tidak mati  dan tetap bergerak. Hal ini diperlukan untuk mengelabui ikan dan membuat ikan mau memakan umpan tersebut.

  • Memasang mata kail pada umpan ikan hidup agar umpan tersebut berenang beberapa kaki di atas permukaan air. Cara ini dilakukan untuk memancing ikan di permukaan air. Ikan yang biasanya dipancing seperti  ikan tenggiri.
  • Memasang mata kail pada umpan ikan hidup pada bagian tertentu agar umpan tersebut berenang di dasar atau dibawah air. Cara ini dilakukan untuk memancing ikan di dasar atau di bawah air. Ikan yang biasanya dipancing seperti ikan kakap.
  • Memasang mata kail pada umpan ikan hidup pada bagian tertentu agar umpan tersebut berenang di dasar atau dibawah air. Sebagai tambahan diperlukan batu pemberat agar umpan tetap berada pada posisi yang diinginkan. Cara ini dilakukan untuk memancing ikan di arus yang kuat atau memancing dengan menggunakan alat pemberat. Ikan yang biasanya dipancing seperti ikan kakap.

Cara buat ulat umpan ikan memang tidaklah terlalu sulit. Apalagi ulat banyak terdapat di negeri ini. Tinggal bagaimana seorang pemacing memanfaatkan kekayaan alam yang telah diberikan Allah tersebut. Dan, selamat memancing.

Loading...
Selanjutnya : Bagaimana Cara Jadi Wanita Percaya Diri?
Sebelumnya: Sebenarnya Blok Barat Menguasai Teknologi Apa?
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar