Cara Buat Umpan Ikan Mas Sendiri


Ikan mas merupakan ikan air tawar biasanya dipelihara di empang dan dapat dikonsumsi. Rasa ikan mas yang gurih dan empuk menjadi favorit tersendiri di hati penggemar ikan.

Ikan mempunyai gizi yang tinggi terutama mengandung protein yang baik untuk pertumbuhan. Memancing ikan mas di empang harusĀ  menggunakan umpan tertentu yang sering disebut umpan putih. Cara buat umpan ikan mas bisa dilakukan sendiri di rumah.

Bahan dasar umpan ikan mas yang terbuat dari telur dan susu sering disebut sebagai umpan putih. Penambahan essens tenggiri sebagai pemikat rasa amis agar ikan mas mau mendekati umpan. Penambahan daun pandan digunakan agar umpan berbau harum dan wangi.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat umpan ikan mas, yaitu dua butir telur ayam, 2 sendok makan susu bubuk, 4 sendok makan kroto, 1 gelas santan dari 1 butir kelapa, essens tenggiri, 2 helai daun pandan, dan pengeras umpan atau kinoy.

Cara membuat adonan umpan ikan mas adalah campur telur ayam, susu bubuk, dan santan hingga tercampur sempurna. Tambahkan kroto dan essens tenggiri dan diaduk.

Daun pandan yang sudah diremas dicampurkan pada adonan. Campuran adonan tersebut dimasukkan ke dalam plastik dan dikukus hingga adonan terlihat mengental.

Adonan diangkat, dimasukkan ke dalam baskom dan dihancurkan. Kemudian adonan dicampur dengan kinoy hingga adonan tidak lembek dan dibuat bulatan kecil. Umpan ikan mas siap digunakan untuk memancing selama setengah hari.

Ikan mas dikelompokkan menjadi ikan mas yang digunakan sebagai ikan hias dan ikan yang digunakan sebagai ikan konsumsi. Ikan mas berasal dari Eropa dan Tiongkok, kemudian dibudidayakan di Indonesia.

Ikan mas mengandung energi, protein, karbohidrat, lemak, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, vitamin B1, dan vitamin C. Kandungan gizi yang tinggi dan rasa yang lezat dari ikan mas ini disenangi oleh penggemar ikan air tawar.

Kebaikan ikan mas bagi tubuh, yaitu mempertahankan stamina, meningkatkan stamina, mengurangi resiko stroke, mengurangi resiko jantung, melonggarkan pembuluh arteri, dan menormalkan detak jantung.

Akan lebih enak bila memasak ikan mas yang masih segar apalagi hasil pancingan sendiri akan menambah kenikmatan dan kepuasan saat menyantap. Agar memancing ikan mas memperoleh hasil yang diharapkan, maka cara buat umpan ikan mas di atas dapat dicoba.

Selanjutnya : 4 Jenis Software Sistem Operasi
Sebelumnya: Mempelajari Sejarah Berdirinya Sari Roti
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar