Cara Budidaya Rambutan dengan Biji


Rambutan merupakan buah yang banyak digemari. Banyak tanaman ini yang tumbuh secara liar. Namun, ada kalanya kita ingin menanam rambutan yang memiliki buah yang enak di rumah kita. Karena itu, kita harus mengetahui beberapa cara budidaya rambutan dengan biji.

Budidaya Rambutan

Rambutan akan tumbuh dengan baik di tanah yang subur, gembur serta banyak mengandung bahan organik. Keasaman yang diperlukan agar rambutan tumbuh subur adalah 6-6,7. Rambutan banyak ditemukan tumbuh dengan subur di dataran rendah sampai dengan dataran tinggi.

Sedangkan curah hujan yang diperlukan agar rambutan bisa tumbuh dengan subur adalah berkisar 1.500 – 2.500 mm/tahun. Selain itu kelembaban udara harus rendah. Rambutan juga membutuhkan sinar matahari yang merata.

Budidaya rambutan bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satu yang bisa dipakai adalah dengan memakai biji rambutan. Namun, hal ini sudah semakin jarang dilakukan.

Jarangnya penanaman menggunakan biji dikarenakan rambutan yang berasal dari biji tidak bisa menghasilkan buah. Hal ini dikarenakan tanaman yang akan tumbuh adalah tanaman yang hanya berbunga betina atau jantan saja.

Namun penanaman dengan menggunakan biji masih dipakai karena tanaman yang dihasilkan akan memiliki perakaran yang kuat. Selain itu, tanaman yang dihasilkan akan dibutuhkan saat pengadaan pohon pangkal dalam teknik okulasi pada pohon rambutan.

Usahakan untuk memikih bibit yang baik. Tujuannya tentu untuk menghasilkan pohon yang baik dan tidak mudah terserang hama dan penyakit. Biji kemudian dianginkan selama seharian kemudian disemai.

Kadang kita bisa juga merendam biji ke dalam larutan asam dan air selama 15 menit. Kemudian cuci sebanyak tiga kali dengan air selama sepuluh menit. Setelah itu biji baru dianginkan selama seharian.

Setelah ditanam, usahakan tanah tetap gembur. Selain itu, selalu bersihkan tanah dari gulma yang bisa mengancam tanaman. Sirami secara teratur pada pagi dan juga sore hari. Jaga agar tanaman menerima matahari yang cukup dan tidak berlebihan.

Setelah tanaman tumbuh dengan baik, maka pohon rambutan bisa dibiakkan dengan cara okulasi. Cara ini sering dipakai untuk memperbanyak tanaman rambutan.

Selanjutnya : Berbagai Macam Barang Swasta dan Pengelolaannya
Sebelumnya: Tips-tips Cara Bikin Isi Burger Daging Cincang
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar