Cara Cara Doa Agama Katolik


Cara cara doa agama katolik adalah ritual ibadah yang harus diketahui oleh pemeluk agama katolik. Arti doa dalam agama katolik merupakan gerakan hati dan suara nurani untuk menyapa allah. Cara berdoa dalam agama katolik memiliki ketentuan tersendiri yang harus diikuti.

Umat Katolik

Arti penting doa bagi umat katolik merupakan bukti keimanan dan tanda orang beriman mulai dari anak-anak, orangtua, hingga lanjut usia wajib berdoa. Karena itu kebiasaan berdoa untuk umat katolik sangat penting karena berdoa merupakan cara untuk menopang, menguatkan, meneguhkan iman seseorang hingga kuat tak tergoyahkan.

Tata cara berdoa secara katolik adalah dengan membuat “tAnda salib” (dalam nama bapa, putera, dan roh kudus). Berdoa dengan benar secara katolik adalah berdoa menurut pola doa bapa kami.

Unsur penting dalam doa bapa kami yaitu: 1) menyebut nama tuhan allah dengan kemahakuasaan-nya; 2) menyebutkan permohonan kita; 3) menutup doa dengan memohon agar dikuatkan iman sehingga tidak jatuh dalam percobaan; dan 4) mengakhiri doa dengan rumusan lengkap sifat trinitaris allah atau rumusan singkat kristologis.

Berikut ini contoh doa agama katolik:

“Tuhan Yesus Kristus, Bapa kami yang di Sorga, Dikuduskanlah nama-Mu, datanglah kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu di bumi seperti di sorga. Kami bersyukur untuk hari baru yang Engkau anugerahkan kepada kami.

Berikanlah kami pada hari ini banyak rezeki serta hati yang selalu senang berbagi atas segala anugerah dari-Mu. Kami mohon pengampunan darimu atas kesalahan kami dan berikan kami kekuatan untuk mengampuni orang yang bersalah kepada kami.

Lepaskanlah kami dari pada yang jahat dan janganlah membawa kami ke dalam percobaan. Doa ini kami sampaikan dengan pengantaraan Tuhan Yesus Kristus dan persatuan Roh Kudus, Allah yang berkuasa sepanjang segala masa.

Cara berdoa menurut kitab injil yaitu: tekun dalam berdoa, panjatkan doa dengan hati tulus, berdoalah dengan tidak bertele-tele, berdoalah dalam nama tuhan yesus, panjatkan doa kepada roh kudus, berdoa dengan iman dan keyakinan bahwa doamu sedang dikabulkan, berdoa untuk dengan nyanyian dan dalam kitab suci, berdoa untuk pekerjaan tuhan, berdoa novena tiga salam maria atau doa rosario.

Cara cara berdoa umat katolik telah diajarkan secara turun-temurun melalui tradisi berdoa gereja katolik. Jadikan cara cara doa agama katolik sebagai kebutuhan agar Anda selalu dekat dengan tuhan.

Selanjutnya : HP Blueberry yang Mirip Blackberry
Sebelumnya: Memilih dan Menentukan Kado Bayi Laki-Laki
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar